Baitul Arqam Bersama Muhammadiyah Banjarbaru

Baitul Arqam

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Baitul Arqam Bersama yang dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan (LPMP Kalsel) pada Sabtu (3/7/2021). Diselenggarakan atas hasil kolaborasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Banjarbaru, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) kota Banjarbaru, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kota Banjarbaru dan Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) kota Banjarbaru.

Kegiatan Baitul Arqam bersama ini diikuti oleh seluruh tenaga kerja Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) kota Banjarbaru yang berjumlah 185 orang peserta.

Saat acara pembukaan, doa pembuka dibacakan oleh Ust. Mim Fadli Rabbi S.Sy., S.Pd. Dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi oleh Ust. Riduan Ikhsan dan saritilawah oleh Nazimah Afrida Salsabila.

Gedung aula LPMP Kalsel mendengungkan suara keras diputarnya lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Banjarbaru, dan Sang Surya

Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarbaru, Ir. H. Hasanul Basri dalam sambutannya menyampaikan kemenangan agung ialah orang yang beriman dan berbuat kebajikan dan kita akan berusaha mencapainya dengan pendidikan.

Selanjutnya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan Kader, M. Taufik Spd.I menyampaikan pesan, dalam menjalankan suatu organisasi itu memerlukan kader agar organisasi itu terus berjalan dan tidak tersendat.

“Muhammadiyah itu berjuang untuk mempertahankan organisasinya dan banyak prosesnya,” ujarnya.

“Mulai dari kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan sampai sekarang, untuk membangun organisasi ini, kita juga perlu mengadakan kegiatan agar organisasi terus maju seperti kegiatan sosial, kemanusiaan, bantuan dana untuk Pandemi, Sekolah, Rumah Sakit dan lain-lain,” tambahnya.

Kegiatan dibuka langsung secara resmi oleh Walikota Banjarbaru yang diwakilkan oleh Ir. Hj. Puspa Kencana.

Melalui Puspa, walikota menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara acara atas undangan pembukaan Baitul Arqam Bersama kali ini.

Ia juga menyampaikan harapannya, semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kader-kader Muhammadiyah yang baru dan meningkatkan kedekatan antar semua Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Banjarbaru.

Kegiatan ini didukung langsung oleh seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah kota Banjarbaru (AMM Banjarbaru). Diantaranya Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Nasyiatul’Aisyiyah (NA), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Pemuda Muhammadiyah (PM) se-kota Banjarbaru.

Kegiatan Baitul Arqam Bersama ini dilaksanakan secara berkala untuk kalangan guru perempuan, dimulai dari tanggal 3 Juli 2021 dan dilanjutkan setiap hari Sabtu hingga tanggal 1 Agustus 2021, di Masjid Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Banjarbaru.

Sedang untuk guru laki-laki, Baitul Arqam Bersama ini digelar kembali pada tanggal 5-6 Juli 2021 di Masjid Muhammadiyah Pasar Lama, Karang Intan. (Suluh Media)

Exit mobile version