Korps Muballigh Muhammadiyah Manggala Resmi Dilantik, Siap Intensifkan GJDJ

Korps Muballigh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 20 Pengurus Korps Muballigh Muhammadiyah Cabang Manggala kota Makassar resmi dilantik.

Kegiatan pelantikan yang dirangkaikan dengan launching Program Gerakan Jama’ah & Dakwah Jama’ah (GJDJ) Berbasis Masjid dirangkaikan dengan Pemeriksaan Kesehatan Dasar ini dilaksanakan di Masjid Rahmatullah II Muhammadiyah Ranting Kassi, Makassar, Ahad (4/7/2021).

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Manggala kota Makassar, Drs. Sahaka Baso, M.Pd.I menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikannya, semoga amanah dan bisa membawa korps muballigh lebih baik kedepannya.

Tak hanya itu, Dosen Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa pihaknya berharap pengurus yang baru saja dilantik untuk intens mensosialisasikan program gerakan dakwah jama’ah dan dakwah jama’ah ini ke masyarakat.

“Berusaha untuk menjadi inisiator dan motivator di dalam GJDJ, kita lakukan ditingkat masjid dulu, dan kedepan GJDJ bisa lebih di intenskan bagi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa GJDJ itu sendiri merupakan program pimpinan pusat yang perlu dimaksimalkan, apalagi perlu diintenskan ditingkat cabang dan ranting.

Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) dimaksudkan sebagai suatu usaha Persyarikatan Muhammadiyah, melalui anggotanya yang tersebar di seluruh tanah air, untuk secara serempak, sistematis, teratur, dan terencana.

Meningkatkan keaktifan membina lingkungannya ke arah kehidupan yang sejahtera lahir dan batin. Jamaah yang menjadi objek dakwah adalah sekelompok orang atau keluarga yang tempat tinggalnya saling berdekatan atau saling terjalin dalam suatu wadah bersama. Tanpa membedakan suku, golongan, agama, status sosial.

Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) merupakan sebuah konsep dakwah melalui pendekatan pemecahan masalah dan community development.

Penggeraknya aktif mengupayakan solusi untuk mencapai tujuan ideal bermasyarakat. Beberapa Cabang dan Ranting di bawah monitoring LPCR telah menjadi contoh nyata gerakan pembumian dakwah yang didekati dengan ragam pendekatan berdasarkan kebutuhan jamaah.

Terpisah disampaikan, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Makassar , Drs. HM. Nurdin Massi, M.Pd.I mengatakan, pengurus yang baru saja dilantik senantiasa bekerjasama dan berkoordinasi dengan majelis tabligh karena orientasinya adalah menguatkan dakwah ummat & persyarikatan.

“Kita semua ini sebagai garda terdepan di Muhammadiyah,” tuturnya.

Ia pula mengajak bersama untuk memikirkan pembinaan muballigh, karena saat ini yang dibutuhkan adalah peningkatan kualitas dakwah dan wawasan keilmuan bersama.

“Juga kita muballigh perlu mengalakkan tahsinul qur’an dan pendalamaan Al-Qur’an,” harapnya.

Turut hadir dalam pelantikan ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Manggala, Ranting dan seluruh simpatisan Muhammadiyah. (Ulil Amri)

Exit mobile version