Kolaborasi Kampus dan Warga Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Usaha

Kolaborasi Kampus dan Warga Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Usaha

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Keberadaan wirausaha sangat penting dalam perekonomian suatu negara, mengingat peran mereka dalam menunjang penciptaan lapangan kerja, penggunaan bahan baku dan tehnologi, serta peningkatan pendapatan kesejahteraan masyarakat. Begitu besar peran wirausaha ini maka usaha untuk pemberdayaan wirausaha ini sangat diperlukan sekali untuk menjaga keberlangsungan mereka untuk melaksanakan peran tersebut.

Dalam rangka untuk pemberdayaan wirausaha ini, tim dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY)  melakukan pembinaan kewirausahaan bagi warga Muhammadiyah di usaha catering Laa Raiba, Jeblok, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Hal ini menjadi ladang pengabdian bagi dosen manajemen, yaitu Edi Supriyono dan Wihandaru Sotya Pamungkas.

Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah penyuluhan tentang strategi diversifikasi produk serta pelatihan pembuatan produk yang berbahan daging dan snack yang bernilai jual. Dan ini telah dilaksanakan Kamis (23/4/2021).

“Pengabdian ini bertujuan untuk peningkatan kefahaman  strategi diversifikasi usaha bagi pemilik usaha, sehingga dapat mengatasi penurunan permintaan produknya” ujar Edi. Sementara Wihandaru menambahkan bahwa tujuan lain dari pengabdian ini adalah pengelola memiliki  ketrampilan yang memadai untuk  membuat produk alternatif yang dapat memenuhi permintaan yang semakin berkembang atau beragam.

Hasil dari penyuluhan tersebut adalah tumbuhnya kefahaman pengelola katering atas makna strategi diversifikasi produk serta implementasinya dalam pembuatan produknya. (Riz)

Exit mobile version