Bangga dengan Muhammadiyah, Perlu Karya Monumental untuk Generasi Milenial

Bangga dengan Muhammadiyah, Perlu Karya Monumental untuk Generasi Milenial

Bangga dengan Muhammadiyah, Perlu Karya Monumental untuk Generasi Milineal

Oleh: M Sun’an Miskan

Kita bersyukur ke hadirat Allah SWT karena Pemgajian Rutin Hari Bermuhammadiyah, Bertepatan Dengan Milad Muhammadiyah ke 112 dapat diselenggarakan hari ini, Ahad 18 Juli 2021 H bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1442 H hari Tarwiyah.

Berdirinya Muhammadiyah adalah pada hari tarwiyah 8 Dzulhijjah. Dimaksudkan untuk bertafaaul, untuk beroptimistis dapat mengikuti makna hari tersebut yaitu berbekal diri untuk menghadapi perjuangan kedepan yang berat. Pada hari Tarwiyah, jamaah haji sedang bersiap siap wukuf di Arofah tgl 9 Dzulhijjah.Disaat tarwiyah itu jamaah haji mengistirahatkan kendaraannya setelah melakukan perjalanan jauh di Mina. Mereka juga mempersiapkan bekal untuk menghadapi perjalanan kedepan yang berat, wukuf di Arofah , kembali lagi ke Mina dengan bermalam di Muzdalifah, melempar Jumrah Ulaa di Mina 10 Dzulhijjah, Id Adha,terus ke Mekkah thowaf Ifadloh kembali lagi ke Mina bermalam 3 hari disana untuk melempar jumrah ‘Ulaa, Wustho dan Aqobah pada setiap harinya.

Arafah adalah lambang ilmu pengetahuan yang luas, yang dengannya orang makin runduk seperti padi, merasakan bahwa ummat manusia itu sama, kelak kembali ke tanah berpakaian putih seperti pakain ihram dan yang paling baik adalah yang paling taqwa.

Sembelihan qurban adalah lambang keberhasilan manusia dari bujukan Iblis yang menggoda. Seperti dikisahkan Al Quran bahwa Nabiyullah Ibrahim AS yang dapat wahyu untuk menyembelih anak tercintanya Ismail. Iblis mengatakan perintah itu tidak masuk akal, masa anak semata wayang di sembelih. Tetapi itu adalah perintah dari Yang Maha Bijaksana, Ibrahim dengan tegar melaksanakan dan begitu golok mau di gerakkan ke leher anaknya. Allah menyetop dan mengatakan mimpimu itu benar dari Ku dan atas ketaatannya itu Allah mengganti sembelihan itu dengan kambing. Ibrahim lulus dari ujian yang berat, layak di hari Id Adha , hari tasyrik itu kita bertakbir, bertasbih dan bertahlil bahwa syareat Islam itu adalah untuk kebahagiaan kita itu kasih sayang – Nya.

PWM DKI mengucapkan banyak terima kasih kepada Bpk.Drs.H.Hajriyanto Y Thohari,Ketua PP Muhammadiyah, Duta Besar RI untuk Lebanon yang akan menyampaikan taushiyah, Bpk H.Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang akan menyampaikan sambutan, seluruh peserta pengajian on-line sahabat-sahabat saya anggota PWM,PDM,PCM,PRT beserta ortomnya dan semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Sebagai laporan kepada Bapak Gubernur, Bpk H.Anies Rasyid Baswedan bahwa Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ( PWM ) DKI Jakarta, beserta dengan Majlis Ulama Indonesia ( MUI ) DKI Jakarta, Ketua Wilayah Tanfidziyah NU DKI, Pengurus Wilayah Dewan Masjid DKI telah membuat video untuk sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Darurat Di Rumah Ibadah di DKI Jakarta.

PWM DKI Jakarta mendapat tugas untuk menjelaskan sehubungan dengan Idul Adha sudah didepan mata, maka untuk menghidupkan malam Idul Adha yaitu dengan melantunkan takbir, tahmid, tasbih dan tahlil di rumah masing masing dan tidak melakukan takbiran keliling.

PWM DKI Jakarta dalam ragka Milad Muhammadiyah ke 112 ini menyampaikan ucapan Selamat Milad dan Kami bangga Muhammadiyah.

بِمُناَسَبَةِ  ذِكْرَى عِيْدِ الْمِيْلاَدِ 112 سَنَةً لِلْجَمْعِيَّةِ المْحُمَدَّيِةَّ ِنَحْنُ رِئَاسَةُ مَجْلِسِ الْإدَارَةِ المْحُاَفَظِيَّةِ جَاكرْتا العَاصِمَةِ نُهَنِّئُ بِأحْسَنِ

التَّهاَنِى قَائِلِيْنَ نَحْنُ فَاخِرُوْنَ بِالمْحُمَّدِيَّةِ

…..Kami bangga Muhammadiyah.

Dalam rangka bangga dengan Muhammadiyah ini PWM DKI Jakarta kedepan segera mewujudkan selesainya pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah dan Masjid At Taqwa jln Kramat Raya 49 Jakpus. Didalamnya akan dilengkapi dengan studio yang mutakhir yang dari situ dapat dibuat konten-konten dakwah dan animasi animasi dakwah untuk kalangan Milenial. Kemudian disebar lewat medsos berbasis internet untuk mereka. Sehingga mereka dapat menerima informasi lebih cepat dan santai sesuai dengan waktu luangnya. Seperti mereka menonton you tobe.dan dapat diakses 24 jam sehari semalam.

Alhamdulillah bangunan sudah selesai 65 %. Tinggal 35 % dari total dana pembangunan sebesar :

Rp. 19.000.000.000 ,- ( sembilan belas milyar rupiah )

Sebagaimana lazimnya kepada Bpk .Drs. H.Hajriyanto Y Thohari, Bapak Anies Rasyid Baswedan dan seluruh peserta pengajian on-line, mohon kiranya kami ditunjukkan alamat sumber dana. Kami akan menggalinya dengan mengajukan proposal permohonan pembangunan gedung. Mengajak berfastabiqul khairaat, beramal jariyah, amal wakaf dan pasti akan dikenang, meski tak kita pamerkan apalagi mengharap pujian, seperti sajak bpk Edy Sukardi yang pernah saya bacakan dalam satu acara takziyah, judulnya : Akan dikenang. Yaitu Allah SWT akan melimpahkan ganjarannya berlipat di Jannatun Na’im. Rasulullah SAW dan kaum mukminin menyaksikannya sebagaimana firman Nya , Al Quran Surat At Taubah 105 :

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ ﴿ ١٠٥﴾

waquli i’maluu fasayaraa allaahu ‘amalakum warasuuluhu waalmu/minuuna wasaturadduuna ilaa ‘aalimi alghaybi waalsysyahaadati fayunabbi-ukum bimaa kuntum ta’maluuna

[9:105] Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Kedepan di abad 21 ini di tajdid Muhammadiyah jilid ke 2 masih banyak masalah yang kita hadapi, khususnya kita warga besar Muhammadiyah DKI Jakrta yang ada di jendelanya Indonesia seperti :

  1. Meluruskan paham agama yang suka mengkafirkan sesama, kemudian menghalalkan darahnya lewat bom bunuh diri dan sebaliknya ada paham agama yang terlalu bebas lepas kendali dengan alasan itu adalah hak asasi manusia. Seperti bebas memisahkan agama dan negara, melakukan perbutan keji LBJT. Pada hal kita tahu bahwa hak asasi manusia menurut Islam ialah hak yang tanpa dengannya hidup tidak sempurna seperti hak bekerja, Namun bekerja dan hak lainnya itu harus ditunaikan sebagaimana perintah Nya dan menjauhi larangan Nya seperti tidak ngerente –tidak melakukan riba dan monopoli.
  2. Mutu Sumber Daya Manusia ( SDM ) bangsa yang rendah kalah bersaing di kancah dunia. Kita dengan Amal Usaha Muhammadiyah ( AUM ) yaitu pendidikan dari TK( taman Kanak Kanak ) sampai PT ( Perguruan Tinggi), ditantang untuk turut menyelesaikannya.
  3. Ketidak adilan sosial. Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin ditambah banyaknya pengangguran akibat dampak negatif dari penyebaran VIRUS Corona -19. Tentu diantara cara yang efektif ialah mencegah perbuatan korupsi dan segera dengan sadar para koruptor itu mengembalikan hasil korupsinya ke kas negara untuk kesejahteraan bersama.

Tiga persoalan diatas dan lainnya, kami mohonkan kepada Bapak Gubernur DKI Jakarta, bpk H.Anies Rasyid Baswedan dan Bpk Drs H.Hajriyanto Y Tgohari ,MA. Ketua PP Muh dan Dubes RI di Libanon untuk memberikan pencerahan.

Nasrun Minallah Wa fathun Qorib

Wassalamualikum wr wb

M Sun’an Miskan, Ketua PWM DKI

Disampaikan pada Pengajian Rutin Hari Bermuhammadiyah, Bertepatan Dengan Milad Muhammadiyah ke 112 dapat diselenggarakan hari ini, Ahad 18 Juli 2021 H bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1442 H hari Tarwiyyah dengan on-line.

Exit mobile version