Kepala Madrasah Tutup Usia Pas Milad Muhammadiyah

kepala madrasah

Kepala Madrasah Tutup Usia Pas Milad Muhammadiyah

Oleh : Mushlihin

Pak Murjab lahir di Lamongan 03-03-1954. Beliau putra sulung kakek Karjis dan nenek Muninten. Adiknya ada empat. Yakni ibu Sutami, bibi Muslimah, paman Ahmad Qohim dan Nur Amin.

Pendidikan dasarnya di MI Muhammadiyah Takerharjo. Lalu beliau melanjutkan PGA di Ponpes Karangasem Paciran. Beliau pernah memohon izin pulang untuk menghadiri akikah keponakannya pada 08-01-1974. Saking kasih sayangnya. Setelah lulus PGA beliau sekolah tata busana alias kursus menjahit di Surabaya. Kemahirannya menjahit, menjadikannya beliau dipercaya menjahit seragam siswa. Ongkosnya amat murah.

Selanjutnya beliau dimohon mengajar di MI Muhammadiyah Takerharjo. Kecakapan beliau mengantarnya menduduki kepala madrasah periode 1987-1999. Beliau merupakan kepala MI Muhammadiyah keenam. Sebelumnya adalah M Umar Syahid (1981-1987); M Suzaini (1970-1981); MB Sun’an (1960-1970); Khusnan (1956-1960); Mulyadi (1954-1956).

Jasanya luar biasa. Beliau mengurus akte kelahiran para siswa. Beliau kerap menyambangi alumni yang kuliah di UIN Malang dan Surabaya. Sekaligus berkenan menghadiri wisuda tahun 1996, termasuk di UMM tahun 2003. Beliau merekomendasi lulusan berprestasi menjadi guru MI Muhammadiyah Takerharjo berdasarkan musyawarah. Selain itu mendelegasikan guru mengikuti Diklat Supervisi pendidikan tingkat Jatim di Malang dan Diklat Pustakawan tingkat nasional di Jakarta.

Saat purna tugas, beliau mengabdikan diri sebagai bendahara PRM. Beliau menjabat Ketua RT 1 RW 3 Desa Takerharjo. Ketua panitia pembangunan gedung PAUD percontohan Aisyiyah Takerharjo. Pengurus kelompok tani dan takmir musala Ittihadul Muslimin di sekitar rumahnya.

Pekerjaan lainnya yaitu bertani, merawat sapi dan beternak ayam. Alkisah, muridnya dipersilakan mengambil ayamnya untuk dibakar atau disate. Suatu malam mereka membangunkannya. Beliau tidur sangat lelap. Maka mereka langsung membuka kandang dan menangkap seekor ayam. Paginya mereka memberitahukannya. Beliau tidak marah.

Saat milad Muhammadiyah ke 112 hari Sabtu tanggal 8 Zulhijjah 1442 bertepatan 17 Juli 2021 pukul 19.00 beliau wafat di RS Suyudi Paciran (WBL). Usianya 66 tahun. Seseorang mengumumkan kepada keluarga, sahabat, dan ahli kebaikan agar ikut mengurus jenazahnya melalui speaker masjid Al Jihad Takerharjo. Isinya ucapan istirja. Yaitu ucapan inna lillahi wainna ilaihi raji’un.

Pelayat berdatangan. Mereka bergotong royong membantu nakes memandikan dan mengafani. Mereka lantas menyalati di masjid Jami Al Jihad. Ketua PRM sekaligus kepala KUA yang memimpinnya. Kemudian jamaah dan relawan menguburkannya suai prokes dipandu Tracer Covid tingkat kecamatan.

Selanjutnya pentakziah berdoa. Ya Allah ampunilah Pak Murjab. Limpahkan rahmat-Mu kepadanya. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu. Sementara keluarganya yang terdiri dari Bu Muliyatun, Baiyin, Aniiq, Sayyid, dan Bubah yang sedang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berilah kesabaran.

Mushlihin, Sekretaris PRM Takerharjo Solokuro Lamongan

Exit mobile version