Mahasiswa Muhammadiyah Kenalkan Inovasi Produk Stik Ikan Nila

stik ikan nila

MALANG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 9 Kelompok 12 yang melakukan pengabdian di Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun Kota Malang menciptakan inovasi makanan ringan atau camilan stik ikan nila. Seperti yang diketahui bahwa Kelurahan Bakalan Krajan memang terkenal dengan potensi ikan nila dengan sistem bioflok yang unik. Mengingat lewat ikan nila ini menjadikan Kelurahan Bakalan Krajan menduduki posisi TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional.

Sehingga hal ini juga harus di imbangi untuk dikembangkan menjadi ikon dari kelurahan Bakalankrajan dan supaya memiliki produk lokal yang beragam dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat lokal. Inisiasi dari Mahasiswa PMM UMM Kelompok 12 Gelombang 9 untuk memanfaatkan potensi ikan nila untuk dijadikan produk lokal unggulan Kelurahan Bakalankrajan. Produk ini dinamakan Stik Nila Bakra yang berbahan dasar utama dari ikan nila dan bahan pendukung lainnya. Nama Bakra tentunya bukan nama yang lain dan masih melekat dengan nama Bakalan Krajan yang di singkat sehingga dinamakan sebagai Stik Nila Bakra.

Selain itu kandungan nutrisi dalam ikan nila juga tidak kalah bagus dibanding dengan ikan yang lainnya antara lain 100 gram ikan nila mengandung protein 26 gram, vitamin B3, B12, kalium, fosfor, serta selenium yang sangat bermanfaat pada mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi otak, peningkatan kekuatan tulang dan gigi sehingga ikan nila sistem bioflok juga dapat memerangi penyakit stunting yang terjadi akibat kurangnya gizi pada anak-anak akibatnya mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.

Selain itu dalam mendukung perkembangan potensi ikan nila ini jangan berhenti untuk dijual kepada restoran atau pasar tradisional saja melainkan harus dapat mampu memanfaatkan peluang untuk dijadikan produk usaha atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Bakalan Krajan dalam rangka mendukung kemandirian ekonomi masyarakat lokal. Ibu-Ibu PKK di RW.05 Bakalan Krajan memberikan komentar positif dan mendapat antusias tinggi dari ibu-ibu sehingga kami memberikan support kepada ibu-ibu untuk menjadikan produk ini sebagai UMKM ataupun untuk di jadikan camilan di hari raya nantinya. Seperti komentar dari ibu Etik bahwa “ stik nila ini memiliki rasa yang khas ikan nila dan rasanya enak, rencana saya ingin mempraktekkan di rumah juga untuk dijadikan cemilan dirumah saya “.

Dan menjadi didukung penuh dari Lurah Bakalan Krajan, Johan Fuaddy, S.STP, M.Si dalam inovasi produk ini untuk dikenalkan kepada masyarakat Bakalan Krajan dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat. Melihat respon masyarakat yang antusias dalam membuat produk ini kami sebagai pemberi ide akan tergagasnya produk makanan ini harapannya nantinya dapat diterapkan dan dikembangkan untuk menjadi produk UMKM khas Bakalan Krajan. (Robi Firmansyah)

Exit mobile version