Berkemajuan, Jurnal Teknik Elektro UMY  Berhasil Terindeks Scopus

Berkemajuan, Jurnal Teknik Elektro UMY  Berhasil Terindeks Scopus

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mengawali bulan Agustus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menambah prestasi dalam bidang akademik melalui penulisan jurnal. Kali ini diraih oleh Journal of Robotics and Control (JRC) dari Program Studi Teknik Elektro yang berhasil masuk dan terindeks oleh Scopus. Saat dihubungi pada Kamis (05/07), Asst. Prof. Dr. Ir. Iswanto, Chief in Editor dari JRC mengungkapkan bahwa JRC merupakan jurnal pertama dari Program Studi Teknik Elektro UMY dan menjadi jurnal kedua setelah Jurnal Agraris di UMY yang berhasil terindeks oleh Scopus.

Selama tahun 2020 JRC sudah mengeluarkan 2 volume yang masing-masing volume dipublikasikan sebanyak 6 kali yakni pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November. Menurut Iswanto, kuatnya relasi yang dibangun oleh timnya adalah kunci dari keberhasilan jurnal ini. “Seperti yang diketahui, beberapa indikator peninjauan Scopus adalah para author dan editor yang minimal berasal dari empat negara. JRC sendiri berhasil membangun relasi yang baik hingga akhirnya bisa bekerja sama dengan lebih dari empat negara,” terangnya.

Beberapa negara yang turut berpartisipasi menjadi author dan editor diantaranya adalah China, Saudi Arabia, Malaysia, United Kingdom, India, Jordan, Brunei Darussalam, Fiji, Iran, Turki, Singapura, Filipina, Bahrain, Jepang, Nigeria, Irak, Mesir, dan juga Indonesia. Jurnal yang memiliki topik tentang control systems, embedded systems, information system engineering, robotics modelling design, dan autonomous robots ini juga memenuhi indikator penilaian lain yakni tingginya jumlah sitasi. Selain itu, kualitas tulisan dari artikel-artikel yang ada dalam jurnal ini juga menjadi bahan pertimbangan.

Iswanto juga bercerita mengenai kesulitan yang dihadapi oleh tim JRC dalam proses awal pembuatan jurnal ini, utamanya tentang kesulitan awal dalam mencari orang yang ingin ikut berpartisipasi. “Namun semua itu berhasil kami lalui dengan kuatnya keyakinan bahwa JRC akan sukses. Terbukti, kemarin (04/07) malam JRC berhasil terindeks Scopus,” pungkasnya.

Adapun link jurnal JRC ini dapat diakses melalui link berikut ini https://journal.umy.ac.id/index.php/jrc. (ays)

Exit mobile version