Kunjungan Mendadak Wagub Emil Dardak ke RSM Lamongan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengunjungi Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML) secara mendadak Jumat Sore, 20/8/2021.

Kunjungan ini tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Asisten Wagub Jawa Timur menghubungi bagian Humas RSML via pesan whatsapp sekitar 5 menit sebelum kedatangannya.

Wagub Emil mengecek pelayanan di RSML sebagai RS non RSUD (baca RS Swasta-red), khususnya pelayanan Covid-19 dan Non Covid-19.

Pada kesempatan kunjungan ke RSML, Wagub Emil hanya ditemani Asistennya. Ia diterima Direktur RSML dr Umi Aliyah beserta para Wakil Direktur yakni Taufiq Yudiantoro, Rachmad AP Geno, M Asro Abdih Y,

Wagub Emil melakukan hospital tour mulai dari IGD. Selanjutnya, Wagub Emil melihat ketersediaan stok oksigen. Sembari dijelaskan oleh dokter Umi Aliyah bahwa stok oksigen di RSML pada kondisi aman.

Saat meninjau lokasi Instalasi Pemulasaran Jenazah, yang juga melayani jenazah Covid-19. Dokter Asro, Wadir Medis RSML secara khusus menyampaikan kepada Wagub Emil, bahwa RSML memberikan pelayanan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 dengan protokol kesehatan, di mana anggota keluarga jenazah juga dilibatkan dalam pemulasaran jenazah.

Di akhir kunjungan, Wagub Emil meninjau gedung HM Sudjak yang diperuntukkan untuk pelayanan non Covid-19. Melihat kemegahan dan pelayanan gedung HM Sudjak, mantan Bupati Trenggalek ini memberikan apresiasi terhadap pelayanan RSML.

Wagub Emil memastikan penanganan COVID-19 tetap tersedia meski saat ini mulai terjadi penurunan pasien. Masyarakat tidak perlu khawatir datang berobat bila merasa ada gejala Covid-19.

Lanjut Emil bagi pasien non covid dan ada keluhan jangan diempet-empet. Di RSML ada tempat yang aman dan terpisah dengan layanan Covid-19. Karena trendnya pasien takut berobat sehingga ditahan untuk tidak berobat, namun akhirnya datang dengan kondisi parah dan sulit ditangani”, jelas suami Arumi Bachsin

Umi Aliyah, selaku Direktur RSML menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wagub Jawa Timur, yang dianggap sebagai wujud dukungan kepada RSML. “RSML sebagai RS Rujukan Covid-19 mempunyai tanggung jawab dalam melayani masyarakat, termasuk pelayanan pemeriksaan swab PCR”

“RSML sebagai Amal Usaha Muhammadiyah bidang kesehatan akan terus menjunjung semangat PKU (Penolong Kesengsaraan Umum) sehingga apapun kondisinya akan terus memberikan pelayanan dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan para tenaga kesehatan di RSML”, pumgkas dokter Umi (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version