Panti Asuhan Sejahtera Aisyiyah Kembangkan Unit Usaha

Panti Asuhan Sejahtera Aisyiyah Kembangkan Unit Usaha

SIDRAP, Suara Muhammadiyah – Kepala Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Asuhan Sejahtera Aisyiyah (LKSA PASA), Pangkajene Sidrap, Drs Kalam Fattah, M.Si, melaporkan kepada Ketua Majelis Pelayanan Sosial Pengurus Pusat Muhammadiyah (MPS), Ir Sularno, M.Si.

Hal yang dilaporkan adalah terkait soal perkembangan dan pertumbuhan unit usaha yang dikelola panti selama ini, pada saat Rakor MPS PWM Sulsel, Ahad (22/8/2021).

Pada kesempatan itu dilaporkan unit usaha yang kini dikelola LKSA PASA di antaranya; katering, penjahitan, seterika uap, penginapan, gedung pertemuan, kedai sehat anak, penyediaan kain kafan, aqiqah, qurban dan bank sampah.

Selain itu dilaporkan juga LKSA PASA mewakili Provinsi Sulsel pada ajang Pilar Sosial Teladan Nasional 2018 di Jakarta.

Ketua Majelis Pelayanan Sosial Pengurus Pusat Muhammadiyah (MPS), Ir Sularno, M.Si, pada kesempatan itu juga merespon unit usaha LKSA PASA dan meminta kepada pengelola panti asuhan ini kerjasama MPS PWM Sulsel bersinergi membagi pengalaman dan pengetahuan mengelola manajemen dan usaha panti asuhan kepada panti asuhan di MPS PDM se-Sulsel.

Hal sama juga ditegaskan Ketua PWM Sulsel Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag, pencapaian kinerja dan pengembangan usaha LKSA PASA agar dicontoh oleh panti asuhan lain di MPS PDM se-Sulsel.

Dijelaskan pula anak panti disekolahkan di luar panti mulai dari jenjang SD sampai perguruan tinggi. Saat ini sebanyak 11 anak panti asuhan kuliah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Sidrap yakni di Universitas Muhammdiyah Sidrap dan Institut Kesehatan Muhammadiyah Sidrap.

Anak panti yang dikuliahkan sebanyak 11 orang itu sudah ada meraih sarjana dan tetap tinggal di asrama bersama sebagai pengasuh sebanyak 6 orang, kata Koordinator mata kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan Institut Kesehatan Muhammadiyah Sidrap ini.

Data terbaru anak panti, tinggal dalam panti sebanyak 79 anak terdiri atas laki- laki 29 anak dan perempuan 50 anak. Anak panti tetap tinggal pada keluarga 16 anak, laki-laki sebanyak 9 anak dan perempuan 7 anak, tandas pria kelahiran Balangnipa Sinjai 1958

Saat ini LKSA PASA dipimpin, Ketua : Hj. Rosdiana Aziz, S.Ag. Sekretaris, Satriani Salam, S.Ip, dan Bendahara: Hj. Suriyati Mentong, ungkap magister kesehatan PPs-UIT Makassar 2014 ini. (ulla/yahya).

Exit mobile version