Strategi Pesantren Darul Fallah Tingkatkan Kapasitas Santri

GOWA, Suara Muhammadiyah – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fallaah Unismuh Makassar menggelar kegiatan Malam Pembinaan Iman dan Takwa (mabit). Kegiatan mabit ini dilaksanakan di Masjid Al-Aqabah Bissoloro mulai tanggal 21 hingga 22 Agustus 2021.

Kiai Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar, Ustaz Amiruddin menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam pembinaan dan pemantapan serta peningkatan iman dan takwa bagi keluarga besar Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar Bissoloro.

“Ini merupakan ikhtiar pembinaan dan pemantapan yang kami lakukan. Kita berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan iman dan takwa bagi keluarga besar pesantren yang kami kelola,” tutur Ustaz Amiruddin.

Amiruddin menambahkan bahwa mabit ini diadakan satu kali setiap bulan dengan materi kajian tematik yang bersumber dari kitab-kitab turast, seperti Al-Hikam, Ta’limu Muta’alim, Kitab Hadis Arbain, dan Riyadhushalihin. Materi lainnya bersumber dari Tafsir Al-Bayaan, Himpunan Pusat Tarjih (HPT) hinggan Manhaj Gerakan Muhammadiyah dan lain-lain.

Selain itu, Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar, Ustaz Dahlan Lama Bawa mengatakan bahwa mabit ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa para guru dan santri serta melatih adab dan kebiasaan mulia dalam berilmu.

“Tidak hanya itu, mabit ini juga bertujuan untuk membudayakan budaya BAIS dan The Nine Golden Habits. Tujuan lainnya yakni mengkaji kitab-kitab standar dan ilmu alatnya. Yang takkalah pentingnya adalah taaruf, tafahum, taawun, dan tafakul untuk pengembangan skill dan leadership,” ungkap Dahlan yang juga Sekretaris Pendidikan Ulama Tarjih (PUT) Unismuh ini.

Pada mabit ini, Ustaz Dahlan Lama Bawa memberikan orientasi dan kajian dengan menggunakan Stadium General. Judul materi kajiannya yakni Cahaya Bissoloro.

Dalam kajiannya, Dahlan menyinggung kata nur atau cahaya yang berulang 43 kali dalam Alquran. Salah satu ayat yang ia kutip adalah surat Al-Baqarah ayat 257.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar, Amirah Mawardi juga hadir memberikan materi Kuliah Subuh. Amirah menyampaikan tentang adab-adab santri salama berada di dalam masjid dan adab dalam menuntut ilmu.

Pemateri mabit ini diisi oleh pimpinan dan guru Ponpes Darul Fallaah yang memiliki keilmuan dan keahlian di bidangnya masing-masing.

Pesantren Darul Fallaah merupakan salah satu pesantren yang didirikan dan dibina langsung Universitas Muhammadiyah Makassar. (Hadi/Riz)

Exit mobile version