Sehat dan Bugar di Masa Pandemi

BANTUL, Suara Muhammadiyah – MCCC Sewon Selatan Ahad malam 22 Agustus 2021 mengadakan webinar dengan tema “menjaga kebugaran jasmani di masa pandemi covid19”. Kegiatan ini adalah upaya mengedukasi masyarakat agar aktif melakukan aktivitas fisik secara terukur dan teratur. Harapannya masyarakat akan memiliki tingkat kekebalan yang baik untuk mencegah terserang penyakit termasuk covid19.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Firdana Wahyu Putra, M.Pd, P.Ma, anggota Tapak Suci Bantul yang memiliki prestasi nasional dan internasional. ASN Kemenpora Ri ini juga tengah disiapkan tampil berlaga di ajang PON mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

Materi ini adalah bagian pertama, yang akan dilanjutkan lagi pada tanggal 29 Agustus 2021 dengan tema “tips berolahraga untuk meningkatkan kebugaran bagi warga isoman”. Acara dimulai pukul 19.30 WIB, semua lapisan masyarakat boleh bergabung melalui zoom dengan meeting ID: 896 3834 9774, passcode: mccc29.

Menjaga imunitas

Pada masa pandemi ini sangat penting menjaga imunitas tubuh agar tidak terserang penyakit termasuk covid19. Ihtiar menjaga imunitas tubuh ditempuh antara lain dengan mengatur pola makan yang baik dan gizi berimbang, istirahat yang cukup, berolahraga teratur, taat protokol kesehatan (5M), menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tekun dan khusyuk beribadah, serta berfikir positif.

Dengan melakukan sederet ihtiar itu maka akan tubuh kita akan menjadi bugar dan sehat, yang menjadi kunci terbentuknya imunitas yang baik. Pengertian bugar dan sehat disajikan dalam gambar berikut ini :

Dengan demikian orang yang dalam keadaan sehat belum tentu bugar, namun seseorang yang tubuhnya bugar pasti sehat. Kebugaran tubuh dapat dibentuk dengan olahraga secara teratur, dengan program latihan yang tepat.

Sedikitnya ada 6 manfaat berolahraga secara teratur untuk kesehatan kita, yang dapat dijelaskan pada gambar di bawah ini :

Olahraga secara teratur dan terukur sangat penting dilakukan di masa pandemi ini, karena aktifitas fisik yang dilakukan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun demikian ilmu berolahraga perlu dipahami masyarakat sehingga aman dari risiko yang tidak dikehendaki.

Olahraga Rekreasi

Kendati manfaat olahraga sangat banyak dan cocok sebagai ihtiar untuk menangkal infeksi covid19, namun masyarakat perlu paham untuk tidak ngoyo dalam olaharaga. Bagi masyarakat awam aktivitas olahraga yang dilakukan sifatnya rekreatif karena bukan seorang atlet yang ditargetkan berlaga di sebuah even.

Maka jangan sampai porsinya malah terlalu berat, yang akibatnya tidak baik bagi tubuh. Banyak contoh salah dalam berolahraga, misalnya saking semangatnya gowes (bersepeda) menempuh jarak terlalu jauh dengan durasi berjam-jam. Akhirnya malah kelelahan bahkan pingsan, ada pula yang diberitakan di media massa sampai meninggal dunia. Berikut disajikan ruang lingkup olaharaga dan tujuannya.

Gambar di atas menjelaskan bahwa olahraga rekreasi dapat dilakukan dengan frekuensi 3 hingga 5 kali seminggu. Untuk intensitas denyut nadi maksimalnya (DNM) 60% hingga 80%. Durasinya juga jangan terlalu lama, cukup 30 hingga 60 menit. Tujuan olahraga rekreasi untuk tujuan kesehatan dan kebugaran, maka tak perlu ngoyo dalam melakukannya.

Meningkatkan saturasi oksigen

Salah satu istilah ngetop dalam masa pandemi covid19 adalah saturasi oksigen, yang salah satu ihtiar untuk meningkatkannya dengan berolahraga. Aktivitas olahraga yang cocok untuk meningkatkan saturasi oksigen misalnya jogging, bersepeda, jalan, jalan cepat.

Tentu saja berolahraga jalan cepat, jogging, dan bersepeda ini direkomendasikan untuk orang sehat agar imunitas prima dan saturasi selalu normal. Untuk pasien yang sedang sakit tidak mungkin melakukannya karena harus istirahat bahkan wajib dikarantina.

Olahraga aman saat pandemi

Situasi pandemi menuntut kita selalu bugar dan sehat sehingga imunitas bagus, sehingga sedapat mungkin perlu melakukan olahraga. Namun demikian perlu secara bijaksana kita memilih aktivitas olaharaga yang aman mengingat virus covid 19 sangat menular.

Pada gambar di atas yang paling disarankan untuk aktivitas olahraga adalah “home exercise program” karena paling aman. Jenis latihan yang bisa dilakukan bisa aerobik, strengthening, stretching, balance, combination.

Jika berolahraga di luar rumah pastikan tidak bertemu banyak orang, lakukan sendiri saja. Saat lari atau jalan sendirian di lapangan atau pematang sawah barangkali masker bisa diturunkan, namun pastikan dipakai saat papasan dengan orang lain.

Jika terpaksa papasan dengan banyak orang pastikan jaraknya dijaga yang aman sekitar 10 meteran. Kalau memilih olahraga bersepeda jangan terlalu jauh dari rumah, sehingga tak perlu mampir jajan sate, soto, bakso yang pasti akan banyak kontak dengan orang lain.  Bekal air minum juga harus membawa dari rumah, untuk menghindari kontak jika harus mampir warung untuk membeli air mineral.

Home exercise program

Pada zoom meeting berikutnya tanggal 29 Agustus 2021 jam 19.30 WIB akan banyak mengupas “home exercise program” karena tema yang diangkat adalah  “tips olahraga untuk kebugaran warga isoman”. Silakan bergabung melalui zoom dengan meeting ID: 896 3834 9774, passcode: mccc29.

MCCC Sewon Selatan insya Alloh setiap Ahad malam (malem senin) jam 19.30 WIB selalu hadirkan program edukasi sebagai pencerahan bagi masyarakat. Harapannya kasus covid19  terus menurun dan terkendali. Bersama Muhammadiyah insya Alloh Indonesia sehat. (Yudha Kurniawan)

Exit mobile version