Mahasiswa KKN UAD Launching Green House Di Desa Hargotirto Kulonprogo  

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah-Mahasiswa  KKN PHP2D periode 86 yang dibimbing oleh Apt. Ginanjar Zukhruf Saputri, M.Sc melakukan pendampingan pemberdayaan desa dengan mengangkat tema “Hargotirto Herbal Village: Optimasi Greenhouse Hidroponik dalam Budidaya TOGA” pada hari Minggu, 29 Agustus 2021. Penyuluhan dilaksanakan di rumah Bu Saenah yang merupakan salah satu anggota kelompok wanita tani (KWT) Sarwodadi Menguri, sedangkan peresmian Green House dilakukan di lahan Green House yang ada di belakang rumah Bu Nurgiyanti (Ketua KWT Sarwodadi Menguri).

Peresmian Green House diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan TOGA dan mengenalkan sistem tanam hidroponik pada warga sekitar, khususnya dalam pemanfaatan kesehatan baik di level keluarga maupun masyarakat. Selain itu inisiasi pembagian bibit jahe yang diberikan oleh tim mahasiswa KKN diharapkan mampu menjamin ketersediaan bahan baku dalam optimasi industri kreatif berbasis tanaman herbal yang sedang dikembangkan.

Penyuluhan terkait jenis TOGA dan kandungan beserta khasiat dalam kesehatan disampaikan dengan menarik oleh Hamnah dan Faizah mahasiswa Farmasi UAD. Dlanjutkan dengan materi tentang cara penanaman TOGA baik di lahan tanah maupun bedeng serta teknik hidroponik yang disampaikan oleh Aditya Herlambang Jati dan Yeri Dwihastuti A.W., S.P.  dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kokap. Kegiatan ini diharapkan pula dapat bermitra dengan BPP Kokap dalam pendampingan optimasi produk herbal di Hargotirto.

Peresmian Green House dilakukan bersama anggota dan ketua kelompok wanita tani (KWT) Sarwodadi, oleh Nurgiyanti selepas acara edukasi tersebut. Antusias warga menyambut green house TOGA ini diharapkan secara kontinyu untuk dapat merawat, dan meningkatkan pemanfaatan TOGA. (Hamnah Al Atsariyah)

 

Exit mobile version