Senang Menjadi Bagian Relawan RCCE

Senang Menjadi Bagian Relawan RCCE

“Pengalaman menjadi relawan dan ikut turun langsung ke tempat vaksin menurut saya cukup seru ya karena saya melihat banyak orang yang terbantu dengan adanya kegiatan vaksinasi, apa lagi saya bagian dari suatu organisasi yang bersifat sosial maka dari itu saya senang bisa membantu banyak orang” begitulah penggalan cerita Azmi salah satu relawan muda RCCE MPKU DKI Jakarta

Ya RCCE DKI Jakarta merekrut 150 relawan yang tersebar di 10 kelurahan di wilayah Jakarta Agustus 2021 lalu  sebelum terjun ke masyarakat untuk mengedukasi warga terkait Protokol Kesehatan dan Vaksinasi, RCCE DKI Jakarta membekali mereka dengan berbagai macam teori komunikasi dan praktik lapangan agar para relawan siap ketika menyapa dan berkomunikasi dengan warga.

Bulan Agustus kemarin para relawan bertugas selama sebulan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga, mengingatkan pentingnya protokol kesehatan dan pentingnya vaksinasi. Membantu di sentra-sentra vaksinasi melakukan edukasi KIPI kepada peserta vaksinasi. Bahkan ada juga para relawan yang turun ke pasar rakyat membagikan masker dan handsanitizer bagi para pedagang yang memang intensitas pertemuan dengan orang lainnya sangat tinggi.

Keseruan pengalaman tersebut menjadikan mereka punya sesuatu tak terlupakan dari perjalanan panjang para relawan muda RCCE. Kesempatan menjadi bagian relawan menempa diri mereka mengamalkan ajaran KH Ahmad Dahlan pendiri Persyarikatan Muhammadiyah yaitu spirit Al Maun, tolong menolong dalam kebaikan.

Pengalaman lapangan bertemu berbagai macam karakter warga dari yang tidak mau menerapkan protokol kesehatan dan ngeyel tidak percaya vaksinasi menjadi cerita menarik dari tugas-tugas lapangan para relawan. Tapi dengan pendekatan dan komunikasi yang baik akhirnya warga banyak yang mengerti pentingnya program vaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan sebagai bagian kerja bersama mengakhiri pandemi covid-19.

Tetap semangat adik-adik dan teruslah mengembangkan diri kalian ya.

Dwi Arya, Korda RCCE DKI Jakarta

Exit mobile version