Innalillahi, Tokoh Muhammadiyah Sulsel KH Andi Iskandar Tompo Berpulang

Innalillahi, Tokoh Muhammadiyah Sulsel KH Andi Iskandar Tompo Berpulang

Foto: Daeng Naba

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Inna lillahi wainna ilaihi raji’un. Pada hari ini, 2 September 2021, kembali kita keluarga besar Muhammadiyah Sulawesi Selatan berduka. Ulama sepuh, KH. Andi Iskandar Tompo telah berpulang ke rahmatullah dengan tenang di rumahnya, kawasan Samata Kabupaten Gowa.

Hampir tiga puluh tahun jadi Wakil Ketua PWM Sulawesi Selatan sejak tahun 1990. “Saya pernah jadi ajudannya. Saya menjadi saksi atas dedikasi dan keikhlasannya berjuang demi Islam melalui Muhammadiyah,” ungkap Ketua PRIM New South Wales, Haidir Fitra Siagian.

Menurutnya, untuk mengurus Muhammadiyah, almarhum pernah menjual mobil pribadinya. Semua uang hasil penjualan mobilnya dipakai untuk membiayai kegiatan Pemuda Muhammadiyah dan BPKPAMM PWM Sulsel.

Haidir mengenang KH Andi Iskandar Tompo sebagai orang baik. “Tidak jarang memberikan hadiah kepada saya. Pun dulu, kalau saya pulang kampung ke Sipirok, sering minta dibawakan oleh-oleh makanan khas Sipirok namanya ‘alame'” tuturnya.

“Beliau adalah orang tua dari sahabat saya, Kak Dr. Husna Latifah Iskandar dan Bang Khidir Iskandar. Juga mertua dari teman sesama dosen UIN Alauddin Makassar, dr. Fhirastika Nhisa,” tambah Haidir.

Mohon do’anya, semoga segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan dosa-dosanya diampuni. Ditempatkan pada posisi yang paling mulia di sisi Allah Swt. (Riz)

Exit mobile version