PDNA Purworejo adakan Workshop Kelas Literasi DINAR

Perempuan Menulis Literasi Tiada Henti, Produktif dalam Menulis

PDNA Purworejo adakan Workshop Kelas Literasi DINAR

PURWOREJO, Suara MuhammadiyahNasyiatul Aisyiyah sebagai sebuah organisasi perempuan muda memiliki arah pergerakannya lebih fokus pada perempuan dan anak, isu-isu kekerasan pada anak dan  perempuan dan juga pilar keluarga tangguh dan perjuangan penempatan perempuan pada martabat yang semestinya (sebagai ibu manusia) menjadi salah satu latar belakang dicetuskannya gagasan mewadahi kompetensi para perempuan muda yang tergabung di dalamnya dalam bidang menulis, berbagi dan berbuat amal kebaikan melalui pena.

Dalam rangka mengaktualisasikan nilai-nilai Islam dan keberadaban bangsa, serta meningkatkan peran perempuan dalam dunia literasi, maka Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Purworejo mengadakan kegiatan Workshop Kelas Literasi DINAR dengan tema Perempuan Menulis Literasi Tiada Henti, Produktif dalam Menulis sekaligus sebagai salah satu bentuk syi’ar dakwah persyarikatan Muhammadiyah. Hal ini senada dengan sambutan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo, Drs. H. Pudjiono.

“Menulis menjadi salah satu jalan dakwah para kader untuk menggairahkan dakwah persyarikatan sehingga perlu difasilitasi, diasah, dan dikembangkan untuk kemajuan Muhammadiya, khususnya para perempuan muda”, ungkap beliau.

Dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua model kegiatan. Kegiatan pertama berupa workshop yang dilaksanakan dalam 2 hari (Ahad, 12 dan 19 September 2021) dan sebagai bentuk rencana tindak lanjut (RTL) dengan sesi mentoring/ pembimbingan dari tulisan yang dibuat peserta di pertemuan berikutnya via zoom atau grup WhatsApp.

“Dengan harapan, kegiatan ini menjadi lebih intensif dan dapat menghasilkan karya yang berkualitas”, ungkap Diar Astuti Fistyorini, selaku ketua panitia.

Batch I Workshop Kelas Literasi terlaksana pada Ahad, 12 September 2021 dengan diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari berbagai kota dan berbagai latar belakang profesi serta pendidikan. Sebagian besar peserta telah menghasilkan karya tulisan yang menginspirasi, namun ada juga yang sedang merintis menyusun karya. Namun begitu, tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta dalam menyerap ilmu dari pemateri.

Pemateri terdiri dari Bapak Isngadi M Atmadja selaku Redaktur Eksekutif Suara Muhammadiyah yang menyampaikan Tips dan Trik Menulis Artikel di Media Massa. “Salah satu kunci supaya artikel kita dimuat di sebuah media massa adalah dengan banyak membaca media massa tersebut sehingga kita mengetahui karakteristiknya, karena masing-masing media memiliki ideologi sendiri-sendiri”, ungkap beliau dalam penyampaian materi.

Nur Ngazizah, S.Si, M.Pd, selaku pemateri kedua, membagikan pengalaman menulis dan memotivasi peserta untuk istiqomah dalam menulis karena dengan menulis dapat mencerahkan semesta. Pemateri ketiga, Ibu Isnawati Miladiyah, S.Ag, M.Pd juga tidak kalah hebatnya dalam memberikan semangat pada peserta. Pemateri yang pernah mendapatkan predikat Juara 1 Guru Berprestasi SD/MI Kabupaten Banyumas tahun 2012 dan 20143 ini memberikan materi seputar menulis buku non fiksi serta buku antologi. Beliau juga berbgai pengalaman suka duka dalam menulis.

Kegiatan ini juga memfasilitasi peserta dalam menyampaikan pertanyaan dan berbagi pengalaman dalam membuat karya. Kegiatan dilanjutkan melalui mentoring intensif melalui grup WhatsApp. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menyusun sebuah tulisan berupa inspirasi atau pengalaman kehidupan sehari-hari sebagai tindak lanjut workshop batch I. Dari tulisan yang telah dibuat ini, nantinya akan dilakukan review oleh narasumber dan akan dilanjutkan untuk penerbitan.

Nur Ngazizah, Ketua PDNA Purworejo

Exit mobile version