PKKMB UMJ, Airlangga Hartarto Dorong Talenta Digital

PKKMB UMJ, Airlangga Hartarto Dorong Talenta Digital

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) yang dihadiri oleh 3000 mahasiswa baru. Dinilai sebagai sebuah ritual  untuk menyambut dan mewadahi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, serta memperkenalkan kehidupan dunia kampus dan menanamkan kecintaan terhadap almamater UMJ.

Pada PKKMB tahun 2020 diberlakukan secara daring via  Zoom, peserta dapat tetap melaksanakan daring dengan disiplin, teratur serta menyenangkan walau di tempat berbeda. Kegiatan PKKMB dilaksanakan selama dua hari; Rabu – Kamis (15-16 September 2021). Ini adalah kali ke-dua UMJ menggelar PKKMB secara virtual.

PKKMB kali ini mengusung tema “Membangun Generasi Muda yang Kompetitif, Entrepeneur dan Berkarakter untuk Indonesia Berkemajuan”. Pada proses pelaksanaan PKKMB peserta mendapatkan materi-materi mengenai pengenalan kehidupan kampus serta berdiskusi dengan lembaga-lembaga yang terkait serta berdiskusi dengan kelompok masing-masing secara daring dan melakukan tugas PKKMB secara online.

Pada tanggal 15 September 2020 hari pertama PKKMB UMJ dimulai. Acara berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga 15.50 WIB. Acara dimulai dari pengondisian panitia dan peserta pada pukul 07.00-07.30, kemudian pembukaan acara dipandu oleh master of ceremony. Dalam agenda pembukaan dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si beserta jajarannya, dan juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto yang sekaligus memberikan kuliah umum dihadapan para mahasiswa baru UMJ.

Selanjutnya, masih dalam agenda yang sama dan di ruangan yang berbeda dengan agenda PKKMB, secara offline Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto turut berkesempatan meresmikan Gedung Pusat Inkubasi Bisnis kewirusahaan UMJ dan juga sempat menanda tangani MoU antara UMJ dengan Kemenko Perekonomi yakni di bidang Pendidikan dan Pengabdian masyarakat. Sementara itu, PKKMB masih tetap berlangsung dengan agenda sambutan dan paparan program kerja dari para Wakil Rektor UMJ serta menyaksikan video testimoni para Dekan dilingkungan UMJ.

Airlangga Hartarto mengungkapkan mahasiswa berpotensi untuk berpartisipasi sebagai talenta dan perlaku usaha termasuk usaha digital. Karena di era saat ini talenta digital akan menjadi akselerator bagi wirausaha yang tangguh. “Saya harap adik-adik mahasiswa bisa termotivasi karena kesempatannya sangat luas untuk digitalisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMJ Dr Ma’mun Murod dalam sambutannya berpesan agar para mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Terlebih dalam lingkungan perkuliahan jangkauan pertemanan dan jejaring bukan hanya lingkup daerah, melainkan menjangkau lingkup nasional bahkan internasional. “Karena beberapa mahasiswa asing juga ada di Univesitas Muhammadiyah Jakarta,” tambahnya.

Kemudian pada pukul 10.30 sampai dengan 11.50 yaitu Talkshow secara daring dengan yayasan Maskanul Huffadz dan Majelis Musyawarah. Dan diakhir menjelang waktu dzuhur peserta diberikan kesempatan untuk beistirahat shalat dan makan siang.

Pukul 13.00 WIB peserta diarahkan masuk kembali pada Room Zoom untuk melanjutkan kegiatan PKKMB, yaitu memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UMJ, dan juga memperkenalkan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah di lingkungan UMJ yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) dan Gerakan Kepanduan Hizbut Wathan (GKHW), kemudian acara PKKMB hari pertama ini ditutup tepat pukul 17.00 WIB.

Kemudian PKKMB dilanjutkan pada hari kedua 16 September 2021, pada hari kedua ini agenda PKKMB di bawah kendali oleh pihak Fakultas, untuk kemudian memperkenalkan kehidupan kampus di lingkungan fakultasnya masing-masing, mulai dari profil fakultas hingga kegiatan-kegiatan lembaga mahsiswa yang ada di Fakultas.

Untuk diketahuai, Universitas Muhammadiyah Jakarta terdiri dari 10 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian (F-TAN), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK). (rpd)

Exit mobile version