Komitmen Link and Match SMK Teknik Muhammadiyah Cianjur

CIANJUR, Suara Muhammadiyah – Nota kesepakatan yang saling menguntungkan antara SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur dengan PT Semesta Realitas Indonesia. Menjadi syarat mutak keberhasilan pendidikan, sebagai upaya mewujudkan Link and Match antara SMK dengan IDUKA.

Bertempat di Gedung AIA Central Lt.31 Jl. jendral Sudirman Jakarta, Jumat ( 24 September 2021) SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur membuat suatu ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan menguntukan kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas disuatu bidang usaha tertentu sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik atau dikenal dengan MOU.

Kepala Sekolah SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur, DR.Fakrurrazi mengucapkan banyak terima kasih kepada Rai Pandudita Selaku CEO dari PT.Semesta Realitas Indonesia yang telah menyambut baik dengan harapan semoga kerjasama yang baik dan saling menguntungkan sangat penting untuk menunjang tercapainya program sekolah.

Adapun Program Kerjasama antara SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur dengan PT. Semesta Realitas Indonesia, diantaranya Penyelarasan kurikulum, Guru Tamu, Magang Guru, Praktik Kerja lapangan (PKL), Kelas Industri, dan Penyerapan Lulusan.

Keberhasilan program-program di atas sangat butuh dukungan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Tentu mencapai suatu kesepakatan dibutuhkan negosiasi yang baik dari pihak sekolah. Dimana dalam hubungan ini kedua belah pihak harus sama-sama diuntungkan.

Rasa saling percaya diantara kedua belah pihak akan menjadi sebuah komitmen dalam bentuk surat perjanjian yang ditanda tangani oleh pimpinan perusahaan dan Kepala Sekolah.

Salah satu program yang dapat dilaksankan dalam waktu dekat ini yaitu Magang Guru, dengan tujuan agar tidak tertinggal dan dapat mengikuti perkembangan kompetensi guru.

Program magang guru adalah kegiatan yang wajib bagi guru SMK saat ini. Kegiatan magang ini nantinya jadi bagian pelatihan kerja yang ada di perusahaan tertentu.

Kegiatan ini dapat berguna untuk meningkatkan kompetensi yang relevan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan yang ada. Sehingga materi yang guru ajarkan juga semakin komprehensif.

Melalui kegiatan magang, guru dapat mendapatkan pengalaman terutama untuk kebutuhan di dunia industri.

Pengalaman ini sangat berharga tidak hanya guru namun juga untuk sekolah dan siswa. Berbekal pengalaman dari dunia industri, siswa juga akan mendapatkan ilmu yang memang sudah relevan dengan kondisi industri yang sesungguhnya.

Dengan adanya kegiatan magang guru, sekolah juga dapat meningkatkan hubungannya dengan pihak luar. Pihak luar ini seperti masyarakat dan perusahaan. Dengan kegiatan magang guru, sekolah ikut memberikan sumbangsih tenaga kerja kepada perusahaan.

Selain itu, bagi masyarakat, sekolah juga ikut mempererat hubungannya dengan masyarakat sekitar. Sehinggga sekolah semakin memiliki citra baik. (mpi pdm cianjur)

Exit mobile version