Review Kurikulum, SD Muhammadiyah Condongcatur Siap Buka Kelas Internasional

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kurikulum adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan disusunnya kurikulum yang baik dapat menjadi pedoman bagi satuan pendidikan dalam proses belajar mengajar.

Sebagai bagian dari pengembangan kurikulum, SD Muhammadiyah Condongcatur menggelar Review Kurikulum Tahun Pelajaran 2021/2022. Termasuk untuk menyelaraskan visi dan misi SD Muhammadiyah Condongcatur dalam rangka mewujudkan sekolah yang Unggul, Islami, Berprestasi, Kreatif, dan Inovatif.

Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, S.Pd mengungkapkan Tim Pengembang Kurikulum terus meningkatkan kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu. Menurutnya Kurikulum SD Muhammadiyah Condongcatur merupakan dasar pelaksanaan dalam pembelajaran. Kurikulum tersebut terdiri dari tiga bagian utama yaitu kerangka dasar kurikulum, struktur, kurikulum dan muatan kurikulum.

Dengan telah tersusunnya Kurikulum SD Muhammadiyah Condongcatur diharapkan dapat memotivasi, memacu semangat kinerja pendidik dan tenaga kependidikan sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan lingkungan masyarakat.

“Maka tim penyusun Kurikulum SD Muhammadiyah Condongcatur mengharapkan masukan dari berbagai pihak yang bersifat positif demi terwujudnya kurikulum sebagaimana diharapkan,” tutur Sulasmi dalam Review Kurikulum di Aula KH Ahmad Dahlan SD Muhammadiyah Condongcatur, Kamis (30/9/2021).

Turut hadir Pengawas Sekolah UTP Pelayanan Pendidikan (Yandik) Kapanewon Tri Raharja, M.Si, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Depok Drs. H. Sayuti Musthofa, M.Pd., dan Sekretaris Komite Sekolah Dr. Siswanto M.Pd. Kegiatan ini juga diikuti  perwakilan orang tua/wali siswa, perwakilan guru, dan perwakilan siswa SD Muhammadiyah Condongcatur.

Kepala Sekolah mengungkapkan SD Muhammadiyah Condongcatur ingin menciptakan sekolah berkemajuan yang berwawasan global. “Kita akan membuka kelas internasional yaitu dimulai dengan talenta virtual sehingga dapat meningkatkan prestasi sekolah di tingkat nasional dan internasional,” tutur Sulasmi.

SD Muhammadiyah Condongcatur saat ini tengah merencanakan dalam memperbarui sarana untuk mewujudkan kelas internasional tersebut. Termasuk pihak sekolah mempersiapkan peluang kerja sama dengan pihak-pihak untuk menopang kelas internasional.

Sementara itu, beragam program masuk dalam dalam kurikulum SD Muhammadiyah Condongcatur diantaranya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan pendekatan berbasis kelas, pendekatan berbasis budaya hingga pendidikan Anti Korupsi.

Kemudian program Pengembangan Budaya Literasi melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Pendidikan Berbasis Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Pendidikan Pengarusutamaan Gender, Pendidikan Etika Lalu Lintas, serta Program Inovasi Sekolah. Serta sebagai sekolah di lingkungan persyarikatan, SD Muhammadiyah Condongcatur juga menitik beratkan muatan pendidikan persyarikatan baik Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA)

Sementara itu, Pengawas Sekolah UTP Yandik Kapanewon Tri Raharja, M.Si menyambut baik Review Kurikulum SD Muhammadiyah Condongcatur termasuk kesiapan bersaing di tingkat nasional maupun internasional. “Semoga segala daya upaya dan hasil yang telah dicapai ini bisa dipertahankan bersama,” tuturnya.

Maka, ungkap Tri Raharja, ke depan dibutuhkan kekompakan dan sinergitas yang berkelanjutan dan terus ditingkatkan lagi. “InsyaAllah dengan bekerja bersama-sama SD Muhammadiyah Condongcatur tetap dipercaya oleh masyarakat, tetap berbakti bagi nusa, bangsa, dan agama,” tuturnya. (Riz)

Exit mobile version