Perdana, Majelis Tabligh ‘Aisyiyah Banyumas Gelar Perempuan Mengaji

Perdana, Majelis Tabligh ‘Aisyiyah Banyumas Gelar Perempuan Mengaji

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Majelis Tabligh (MT) Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas telah melaksanakan kegiatan Perempuan Mengaji dengan mengangkat tema “Tuntunan Berorganisasi Menurut PHIWM” pada hari Rabu, 22 Shafar 1443 H/30 September M. Kegiatan ini diikuti oleh diikuti 27 PDA di dalam lingkup Pimpinan Wilayah Jawa Tengah (PWA Jateng).

Di antaranya adalah PDA Magelang, Rembang, Kudus, Wonogiri, dan  Kabupaten Tegal yang berkumpul di Gedung Aisyiyah setempat. Kegiatan yang diadakan secara virtual melalui zoom meeting ini bekerjasama dengan LazisMu Banyumas dan dapat disimak melalui streaming youtube MT PWA Jateng.  Hadir dalam kegiatan ini sekitar 238 peserta.

Kegiatan “Perempuan Mengaji” ini merupakan program kerjasama antara MT PWA Jateng dengan MT PDA Banyumas. Acara yang dipandu oleh pembawa acara sekaligus moderator Isti’anah, Lc.,M.Hum. ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Dra. Rasima Amir. Kedua sosok pegiat Aisyiyah ini aktif dalam MT PDA Banyumas.

Acara ini dibuka oleh Udji Prihati, SH yang dalam kata pembukaannya menyampaikan ucapan terima kasih pada hadirin yang telah menghadiri undangan. Ia berharap kehadiran ibu-ibu tercatat sebagai amal sholeh yang akan mendapat limpahan pahala dari Allah SWT.

Ketua Panitia, Ida Munawwaroh, S.Ag. mengatakan Perempuan Mengaji merupakan program MT PWA Jateng dan yang perdana diadakan oleh MT PDA Banyumas. “Alhamdulillah Pimpinan Daerah Aisyiyah Banyumas mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara pertama Perempuan Mengaji ini. Meskipun dilakukan secara daring, tapi tidak mengurangi semangat untuk terus belajar dan upgrade diri, karena pengetahuan dan ilmu agama memang harus terus dipelajari, tidak boleh berhenti saat kita sudah memiliki sedikit ilmunya,” kata dia.

Peserta antusias mengikuti dari berbagai daerah. Beberapa PDA menggelar acara pengajian dengan menyaksikan zoom bersama-sama.

Lebih lanjut, Ida mengatakan Muhammadiyah sebagai organisasi tentunya memiliki tuntunan yang menjadi pedoman dalam organisasi. Hal ini tentu sangat penting diketahui kader Muhammadiyah supaya tetap bisa menjalankan kehidupan berorganisasi dengan baik.

Menghadirkan narasumber Ustadz A. Kahar Muzakki, M.Ag. yang merupakan Ketua Majelis Tarjih Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas dengan materi seputar tuntunan berorganisasi menurut Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Ustadz Kahar menjelaskan mengenai urgensi, hingga perilaku sebagai kader, anggota dan pimpinan Muhammadiyah.

Di akhir acara, Hj. Lintal Muna, S.Pd.M.Ag. sebagai Ketua MT PWA Jateng sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Selamat dan sukses untuk kegiatan Perempuan Mengaji yang dimotori dari Purwokerto, semoga menberikan inspirasi untuk teman yang lainnya,” katanya. (Alfi/Rani/Mintarti)

Exit mobile version