Semangat Dakwah ‘Aisyiyah di Era Milenial Melalui Workshop Penulisan

Semangat Dakwah ‘Aisyiyah di Era Milenial Melalui Workshop Penulisan

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – “Apabila pikiran kita tidak kita tuliskan maka di luar sana akan banyak bertebaran tulisan yang bukan pikiran kita.” Kata motivator itu disampakain oleh  Nur Ngazizah, S.Si,,M.Pd selaku narasumber pada kegiatan pelatihan milenial berupa workshop penulisan dengan tema “Menjadi Penulis Produktif Mencerahkan Umat yang diadakan oleh PWA Jawa Tengah Majelis Tabligh divisi penguatan pengajian dan media.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Ahad 26 Safar 1443H bertepatan dengan 3 Oktober 2021 yang digelar secara online Via Zoom dan youtube.  Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua MT PWA Jawa Tengah Hj Lintal Muna, M.Ag dan Koordinator MT Jawa Tengah Hj. Dr.Sri Gunarsih,S.H,.M.Hum.

Menurut  Ketua MT PWA Jawa Tengah Hj Lintal Muna, M.Ag, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Syiar atau dakwah ‘Aisyiyah yang tidak hanya  terbatas bagi kader ‘Aisyiyah semata tetapi bersifat umum, selain itu kegiatan ini menunjukkan bahwa “Aisyiyah tidak hanya melakukan dakwah bil lisan tetapi juga dakwah bil kitabah (Literasi) yang  sangat sesuai sebagai dakwah pada kondisi pandemi korona sehingga ‘Aisyiyah semakin besar, semakin diminati masyarakat dan mendunia.

Panitia menghadirkan 2 narasumber kompeten yaitu Narasumber 1 Hajar Nur Setyawati,M.A selaku Pemimpin Redaksi Suara ‘Aisyiyah dan Narasumber  2 Nur Ngazizah,S.Si,M.Pd yaitu Penulis Terbaik Versi Online Suara Muhammadiyah dan penulis bersertifikat BNSP dan juga dosen berprestasi tahun 2020 Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Narasumber 1 secara energik menyampaikan materi tentang Cara menulis di Media meliputi berita dan artikel yang diawali dengan menggugah semangat peserta workshop dengan 5 branding ‘Aisyiyah yaitu Aisyiyah Gerakan Islam berkemajuan, Gerakan Perempuan berkemajuan, Gerakan Praksis Amal Usaha, Gerakan Komunitas Akar Rumput dan ‘Aisyiyah Berwawasan Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal.

Narasumber 2 secara tenang menyampaikan materi tentang tips-tips penulis pemula agar istiqomah dalam menulis.  Dengan banyak memaparkan kata motivasi  sebagai penulis beliau mampu membangkitkan semangat menulis bagi para peserta workshop untuk melakukan kewajiban membaca dan menulis sebagai dua hal yang wajib dikerjakan oleh para kader ‘Aisyiyah dalam berdakwah.

Peserta workshop berjumlah kurang lebih 130 orang terdiri dari PD ‘Aisyiyah Majelis Tabligh se-Jawa Tengah yang mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.  Ini terbukti dari  banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta baik yang disampaikan melalui chat maupun secara langsung pada sesi tanya jawab.

Workshop penulisan ini akan dilanjutkan dengan pembimbingan melalui grup WA secara terjadwal oleh narasumber sampai para peserta mampu membuat tulisan yang layak dimuat di media. Proses pembimbingan oleh narasumber melalui 2 kelompok peserta yaitu kelompok peserta yang sudah pernah membuat tulisan dan kelompok peserta yang belum pernah membuat tulisan (penulis pemula).

Akhirnya dengan Ridho Allah SWT semoga kegiatan ini berjalan lancar sehingga mampu mencapai tujuan program PWA Jawa Tengah yaitu menghaslkan kader ‘Aisyiyah yang dapat berdakwah melalui media sebagai penulis produktif pencerah umat dan mampu menginspirasi Majelis Tabligh seluruh Indonesia. (siti musfiyah)

Exit mobile version