Nurlaila: Melatih Kemampuan Mendongeng dengan Mengikuti Perlombaan

Nurlaila: Melatih Kemampuan Mendongeng dengan Mengikuti Perlombaan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Nurlaila Nikmah Afina mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih Juara Terfavorit dalam ajang kompetisi mendongeng tingkat nasional yang diadakan oleh Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena (FLP) dengan tema “Menjadi Sahabat Alam 2021”. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2021 sampai 27 September 2021.

Dalam proses kreatifnya dengan bergabung komunitas mendongeng yaitu Komunitas Mendongeng Mentari yang ada di Yogyakarta sejak 2018. Ketika di komunitas tersebutlah untuk pertama kalinya Nurlaila memulai belajar teknik mendongeng dan kemudian mengembangannya secara mandiri.

“Saya melatih kemampuan mendongeng dengan cara mengikuti lomba-lomba, semakin banyak mengikuti lomba semakin banyak untuk memperbaiki teknik dalam mendongeng dan juga menambah semangat untuk berlatih,” tutur Nurlaila ketika diwawancara melalui pesan WhatsApp, Jum’at (8/10).

Selain sering mengikuti lomba untuk mengasah kemampuan mendongengnya, ternyata sejak masih kecil Nurlaila sendiri sudah suka mendongeng. selain itu ia juga sering men-challenge dirinya sendiri untuk terus belajar.

Sebagai anak rantau motivasi dan semangat Nurlaila dalam meraih prestasi yakni untuk membahagiahkan orang tua, ia beranggapan bahwa seberapa banyaknya uang yang akan di kasih ke orang tua, itu tak akan sebanding dengan jasa orang tua yang telah dikasih ke anaknya. Sehingga Nurlaila berusaha untuk membahagiahkan orang tuanya dengan prestasi.

“Kalau saya pulang ke kampung halaman, saya pulang tidak hanya membawa Bakpia, tapi saya pulang dengan membawa prestasi juga,” ujar perempuan yang akrab di sapa Laila.

Selain untuk membahagiahkan orang tua, Laila mengaku suka berkompetisi sehingga ia mendapat banyak pelajaran dari hasil kompetisi yang ia ikuti dan juga bentuk apresiasi yang didapatkan.

Perempuan asal Sumatra Selatan tersebut berpesan dan mengajak khususnya para anak muda untuk bersemangat mengukir prestasi. “Selagi kita masih muda, mari kita mengukir prestasi dengan cara kita sendiri, da semoga nantinya bisa  menginspirasi yang lain untuk berprestasi,” pesannya. (guf)

Exit mobile version