Dakwah Kekinian, PCIM Jerman Raya Bidik Potensi Media Sosial

Dakwah Kekinian, PCIM Jerman Raya Bidik Potensi Media Sosial

BERLIN, Suara Muhammadiyah – Di era yang penuh disruptif akibat pesatnya perkembangan arus media sosial, penting adanya peranan sebuah organisasi dalam mengefektifkan komunikasi publiknya dengan mengadopsi inovasi-inovasi kekinian di bidang publikasi. Berbeda dengan media massa konvensional seperti televisi, radio atau media cetak, organisasi memiliki tantangan tersendiri dalam memaksimalkan bagaimana ia berkomunikasi dengan masyarakat via media sosial.

Pengumuman kegiatan atau diseminasi sebuah event melalui media sosial semakin terasa sangat efektif dibandingkan dengan media konvensional, tidak hanya menyangkut jumlah target pesertanya namun lebih spesifik juga menyangkut klasifikasi target peserta yang diharapkan hadir. Tantangan bagi organisasi selanjutnya ialah bagaimana mengenali dan mempelajari tata cara mengelola serta memaksimalkan potensi media sosial ini bagi publikasi maupun komunikasi publik kegiatan-kegiatan eksternalnya.

Dilatarbelakangi hal di atas, sebagai bentuk paelayanan kepada masyarakat, Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCI) Muhammadiyah Jerman Raya mengadakan sebuah Workshop Publikasi Virtual pada Sabtu 9 Oktober 2021 melalui platform ZOOM dengan judul Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Performa Organisasi.

Workshop kali ini menghadirkan seorang narasumber, Nela Widiastuti, M. I. Kom., Peneliti media sosial, Dosen ilmu komunikasi dan Certified Trainer professional. Selain merupakan praktisi penyiar radio dan dosen ílmu komunikasi Telkom University dan Universitas ARS, Bandung, aktif pula sebagai moderator aktif Pengajian Online Uni-Eropa/ PENNA yang diadakan oleh PCI Muhammadiyah Jerman Raya bekerjasama dengan Radio PPI Dunia.

Di dalam workshop ini dibahas hal-hal yang sangat menunjang aktivitas sebuah organisasi mengarungi peran sosialnya di tengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat diaspora di Eropa. Ada beberapa yang disinggung dalam workshop tersebut, antara lain, penyusunan program media sosial, memahami karakteristik platform media sosial, menyusun tim media sosial yang profesional dan termasuk teknik copywriting dalam membuat konten di media sosial. Sangat menarik bahwa dunia media sosial memiliki banyak potensi yang perlu selalu digali dan dioptimalkan oleh organisasi modern. Mulai dari menghemat waktu publikasi, berinteraksi lebih dekat dengan publik.hingga memperluas penyampaian pesan ke masyarakat.

Workshop ini sangat disambut baik oleh publik terutama dari perwakilan organisasi-organisasi di Eropa pada umumnya, dan Jerman pada khususnya, baik organisasi kemasyarakatan umum maupun yang berbasis pada keagamaan. Peserta individu, terutama yang berdomisili di Eropa, yang tertarik dengan publikasi via media sosial untuk dapat dimanfaatkan dalam menyebarluaskan ide, gagasan maupun informasi yang berguna bagi khalayak umum. Tidak kurang dari Duta Besar RI untuk Jerman, Bapak Arif Havas Oegroseno menyempatkan diri untuk memberikan pesan dan kata sambutan, mengapresiasi kegiatan PCIM Jerman Raya ini.

Dari workshop ini, diharapkan peserta perwakilan organisasi maupun peserta individu dapat memahami dan memiliki pendekatan baru dalam cara membuat publikasi di media sosial dan mengelola media sosial sebagai corong publikasi organisasi maupun diseminasi informasi. Networking

Exit mobile version