TIM PHP2D IMM Komikes UMP Gelar Pelatihan Inovasi Kuliner

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Tim PHP2D IMM Komikes Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas,Jawa Tengah yang didampingi oleh dosen pembimbing Ns. Suci Ratna Estria, S.Kep., M.Kep kembali menggelar kegiatan pemberdayaan desa yaitu pelatihan pembuatan keripik singkong kepada ibu-ibu PKK Desa Suro” di aula Balai Desa Suro, pada Sabtu (9/10/2021).

Acara pelatihan yang menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakini Ibu Kasem berasal dari pelaku usaha keripik singkong dari Kecamatan Binangun, Kabupaten Banyumas. Pelatihan ini diikuti sebanyak 17 anggota PKK Desa Suro. Olahan keripik singkong ini diberi nama “SISUKASARI” (Singkong Suro Kalibagor)

Ketua PKK Desa Suro Ibu Sarti menyampaikan harapannya dalam acara pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian desa suro

“Adanya kegiatan pelatihan pembuatan keripik singkong ini semoga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa Suro, dan harapannya untuk masyarakat bisa membuat keripik singkong mandiri dan dijual untuk menambah penghasilan rumah tangga” katanya

Ibu Kasem, di dalam acara pelatihan Menyampaikan Proses pembuatan keripik singkong yang enak dan renyah.

“Cara pembuatannya sangat mudah yaitu pertama singkong dikupas terlebih dulu kemudian dicuci bersih, lalu singkong di iris tipis menggunakan alat pemotong. Setelah dipotong, lalu digoreng sampai renyah dan warna menguning lalu angkat” katanya.

Lanjutnya, ibu Kasem juga memberikan resep agar keripik singkong memiliki banyak varian rasa

“Untuk menambah rasa bisa ditaburkan bubuk instan atau membuat sendiri menggunakan bahan dapur” katanyaDengan bantuan Tim PHP2D proses pemasaran keripik singkong Sisukasari melalui media sosial, dengan memanfaatkan laman facebook, instagram, dan whatsapp agar mudah menjangkau para konsumen,” pungkasnya. (nov)

Exit mobile version