Kepala Kantor Kemenag Cilacap Kunjungi Pontrenmu Annur Insan Mulia 

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Pondok Pesantren Annur Insan Mulia Muhammadiyah Cimanggu menerima kunjungan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cilacap H.Imam Tobroni, S.Ag, MM dan Kasi Pondok Pesantren dan Madin H.Banu Tholib, M.Pd.I, Rabu, 13 Oktober 2021.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cilacap memotivasi baik bagi Pengelola Ponpes maupun Santri tentang urgensi menuntut ilmu terlebih di Pondok Pesantren.

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang yang beriman baik laki-laki maupun perempuan.

Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ.
Artinya :
Hadits Shahih Ibnu Majah No. 224, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.”

Ketika kondisi seperti sekarang ini, semangat belajar anak semakin lama semakin menurun. Dengan demikian butuh solusi yang tepat agar kedepan tidak banyak anak putus sekolah (APS) di negeri ini.

Ancaman APS saat pandemi memang nyata. Di sejumlah sekolah yang memutuskan berhenti sekolah lebih banyak dibanding mereka yang tetap istiqomah Sekolah tanpa mengeluh dan berputus asa

Melihat kondisi demikian proses pembelajaran di lembaga pendidikan Pondok Pesantren seharusnya menjadi solusi untuk menjamin APS mendapat keseteraan pendidikan dan menyelamatkan masa depannya.

Allâh Swt berfirman,

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ
Artinya :
“Allah mengangkat Derajat orang orang yang beriman dan berilmu pengetahuan kederajat yang Tinggi” (Qs. Al-Mujadalah : 11)

Melalui pendekatan dan kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua dalam menangani permasalahan anak harus terus ditingkatkan. Sehingga kita dapat melakukan pendekatan yang sesuai dalam mengatasi anak yang memiliki risiko putus sekolah.

Kakandepag Kabupaten Cilacap juga memberikan motivasi kepada Santri agar betah di Pesantren, demikian di utarakan kepada salah satu perwakilan yakni kepada Santri Revan.

Sementara Direktur Pondok Pesantren Ust.Surdi, S.Pd.I menjelaskan kepada Kakandepag dan Kasi Ponpes bahwa Pesantren Annur Insan Mulia Cimanggu telah memenuhi Arkanul Ma’had yaitu Adanya Kyai, Santri, Asrama, Masjid dan pembelajaran Kitab Kuning
Sementara salah satu pengasuh yakni Ust.Deni Zakaria, S.Pd, Lc menambahkan selain adanya arkanul Ma’had juga santri di ajarkan kitab HPT karena ponpes Aila adalah merupakan Pondok Pesantren Muhammadiyah.

Di akhir sesi kunjungan kakandepag dan kasi Ponpes memberikan bantuan berupa alat kebersihan bagi Santri dan berpose ria bersama santri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (aila)

Exit mobile version