Santri Sehat, Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 MBS Pleret

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Kamis (14/10) ratusan santri PPM MBS Pleret  dan masyarakat secara serentak mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis 2 di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (PPM MBS) Pleret, Bantul, D.I.Yogyakarta.  Penyelenggaraan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara PPM MBS Pleret dengan Kodim 0729 Bantul, Baznas Pusat, dan MCCC.

Pelaksanaan vaksinasi ini adalah bagian dari program Kita Jaga Kyai yang merupakan program Baznas Pusat untuk seluruh pondok pesantren di  Indonesia.  Program tersebut sebagai upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19, khususnya di lingkungan pondok pesantren.  Program Kita Jaga Kyai terdiri dari dukungan vaksinasi, paket imunitas, paket higienitas, dan medical check up. Lima orang personil Baznas terlibat secara langsung dalam hal teknis pada pelaksanaan vaksinasi dosis dua kali ini, yaitu satu orang membantu di bagian input data, dua orang di bagian screening kesehatan, dan dua orang lagi di bagian vaksinasi.

Kodim 0729 Bantul sendiri menerjunkan dua puluh lima personil dalam pelaksanaan vaksinasi dosis 2 kali ini, termasuk di antaranya dari pihak Koramil Pleret.  “Pelaksanaan vaksinasi kedua ini secara umum lebih rapi dan tertib. Semua berjalan lancar dan sesuai prokes”,  ujar Kustadi, perwakilan Koramil yang ikut memantau pelaksanaan vaksin dosis 2 tersebut.

Dosis yang dibawa oleh Kodim 0729 Bantul sebanyak 1.090 sesuai dengan jumlah yang terpakai pada vaksin dosis 1 pada 10 September 2021 yang sebelumnya juga diselenggarakan di PPM MBS Pleret.  “1.090 dosis terpakai seluruhnya pada vaksinasi dosis kedua ini, sesuai dengan jumlah dosis 1. Ini menunjukkan bahwa masyarakat cukup tertib dan konsisten melakukan vaksin 2 dosis,” kata Kamiludin, M.Pd.  selaku Direktur PPM MBS Pleret.

Direktur PPM MBS Pleret menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan di PPM MBS Pleret selain ditujukan untuk santri, ustadz-ustadzah dan keluarga,  juga ditujukan untuk masyarakat sekitar pondok di Kapanewon/Kecamatan Pleret. “Kami berharap tidak hanya pesantren saja yang aman tetapi masyarakat sekitar juga. Selain itu, hal ini sebagai bentuk bakti dan pelayanan dari  PPM MBS Pleret kepada masyarakat,” ujarnya. Tidak lupa, Direktur PPM MBS Pleret menyatakan terimakasihnya kepada  Kodim 0729 Bantul, Baznas Pusat, dan MCCC terhadap penyelenggaraan vaksinasi covid-19 yang telah berjalan dengan lancar. (suheri)

Exit mobile version