Kajian Spesial, Imam Muda Ajarkan Irama Mengaji Bersama Siswa Muhammadiyah 

Kajian Spesial, Imam Muda Ajarkan Irama Mengaji Bersama Siswa Muhammadiyah 

MAKASSAR, Suara Muhammadiya – Imam Muda kota Makassar Ustaz Noor Cholis Hasbullah berbagi motivasi irama mengaji Al-Qur’an bersama siswa di Sekolah Perguruan Muhammadiyah Cabang Makassar.

Kegiatan yang diikuti oleh SMA Muhammadiyah 6 Makassar, SMK Muhammadiyah 3 Makassar, MA & MTs Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar mengangkat tajuk Irama-irama dalam Melantunkan Al-Qur’an. ini dilaksanakan di Mushallah Wal Ashri Kompleks Perguruan Muhammadiyah Cabang Makassar, Jalan Muhammadiyah No. 51 B, Makassar, Sabtu (16/10/2021).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MA Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar Muhajir Basri, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan kajian spesial ini sesungguhnya bagian dari aktualisasi program praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab, FAI Unismuh Makassar.

“Harapan saya dengan kajian tersebut semoga mampu membuka akal para hadirin bahwa mempelajari Al-Qur’an itu tdk sekaku yang kita pikirkan, karena ada ilmu yang mendukung dan yang membuat kita untuk tertarik untuk mempelajari Al-Quran secara perlahan dengan konsisten yakni Ilmu Maqamat Al-Qur’an atau Irama Al-Qur’an,” tuturnya.

Ia berharap semoga mahasiswa PPL bisa membuat kegiatan yang serupa yang mampu memotivasi siswa agar meningkatkan prestasi belajarnya.

“Di masa pandemi saat ini butuh sinergitas dan kolaborasi ide gagasan, sehingga dengan hadirnya mahasiswa PPL ini membantu dalam menyemangati siswa secara keseluruhan baik dengan model pembelajaran, desain dan lainnya,” harapnya.

Terpisah disampaikan, Ustaz Noor Cholis Hasbullah dalam materinya menjelaskan bahwa irama-irama dalam melantunkan al-qur’an itu bervariasi, sehingga pihaknya meminta para siswa bisa memahami dengan seksama agar bisa diimplementasikan mendatang.

Ia menjelaskan bahwa mempelajari Al-Qur’an itu sudah kewajiban kita sebagai ummat muslim, apatah lagi menurutnya bahwa Al-Qur’an merupakan Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril yang diperuntukkan kepada semua ummat tanpa terkecuali.

“Al-Qur’an berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan petunjuk-petunjuk yang menjadi pedoman hidup manusia dalam menjalani kehidupan yang akan membawanya pada akhir yang bahagia dan mendamaikan,” tuturnya.

Termasuk bagaimana kita tetap membangkitkan semangat kita untuk mempelajarinya dengan memahami bagaimana Irama-irama dalam Melantunkan Al-Qur’an.

Diketahui pula bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kegiatan Non Teaching oleh Mahasiswa PPL MA Muallimin Muhammadiyah cabang Makassar yang dihadiri oleh Mahasiswa PPL Fak. Agama Islam Prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini para siswa empat satuan pendidikan, pengurus IPM, Guru, hingga Karyawan Staff. (Ulil)

Exit mobile version