UMKM Cerdas, Mahasiswa UAD Dampingi Legalitas Usaha

UMKM Cerdas, Mahasiswa UAD Dampingi Legalitas Usaha

BANTUL, Suara Muhammadiyah– Jum’at (15/10) TIM Program Pengembangan Desa (P3D) HMPS PBSI UAD Yogyakarta gelar pelatihan pembuatan legalitas izin usaha dengan didampingi Riswanda Himawan, S.Pd sebagai pemateri. Di sentra kuliner Omah ayu, Gilangharjo, Bantul, Yogyakarta pelatihan pembuatan legalitas usaha berjalan dengan lancar dan tertib protokol kesehatan.

Program pelatihan ini adalah bagian dari program Tim P3D yang masa abdinya hingga November mendatang. Pelatihan pembuatan legalitas usaha  merupakan salah satu upaya dalam membantu perizinan usaha bagi UMKM di Desa Gilangharjo. Ramadhani Inda Tamaya selaku wakil ketua tim dalam sambutanya menuturkan “Legalitas usaha akan memberikan perlindungan payung hukum jika sewaktu-waktu terdapat sengketa, bukan hanya itu, dengan adanya legalitas usaha itu artinya usaha bapak-ibu diakui oleh negara,” tegas tamaya saat menyampaikan sambutanya (15/10).

Penyampaian materi yang mudah di pahami membuat peserta pelatihan aktif dalam bertanya. Riswanda Himawan, S.Pd dalam materinya menyampaikan “Peningkatan kualitas produksi dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan usaha mutlak dilakukan. UMKM juga dituntut untuk mampu mempertahankan serta meningkatkan standar, desain dan kualitas produk agar sesuai agar dapat diterima oleh pasar secara global,” (15/10).

Dalam pelatihan tersebut banyak sekali keuntungan dari adanya legalitas usaha seperti Mendapatkan perlakuan secara tertulis, berkait dengan usaha yang dijalankan, Memperoleh beragam fasilitas, berkait dengan usaha, fasilitas di dapat dari dinas UMKM kabupaten, Provinsi, Pusat, Kominfo dan sebagainya, dan pendanaan dari pemerintah berkait dengan dana UMKM.

Pendampingan ini berakhir dengan proses pendaftaran NIB masing-masing UMKM yang didampingi oleh mahasiswa TIM P3D hingga berhasil. Ibu-ibu pelatihan menuturkan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi legalitas usaha, mudah-mudahan dengan adanya NIB ini dapat memberikan kelancaran bagi semua UMKM di Desa Gilangrajo.

Dengan dukungan berbagai pihak mulai dari Perguruan Tinggi UAD, dosen pembimbing Iis Suwartini, M.Pd kegiatan pelatihan ini dapat berjalan lancar. Khoniatur Rohmah TIM P3D UAD. (kr)

Exit mobile version