KKN PHP2D UAD Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf

KKN PHP2D UAD Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf

GUNUNG KIDUL, Suara Muhammadiyah – KKN PHP2D Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan pelatihan pembuatan tepung mocaf dan sosialisasi strategi pemasaran bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) dusun bunder dan KTH Wana Tirta yang bertujuan untuk membangkitkan kembali umkm yang sudah vakum sejak adanya pandemi covid-19.

Acara pelatihan pembuatan tepung mocaf dan sosialisasi strategi pemasaran juga dihadiri oleh dosen pendamping KKN UAD yaitu bapak phisca Rosydy. Acara ini dilaksanakan pada sabtu, 9 Oktober 2021 pukul 13.00 wib. Bertempat di balai dusun bunder. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan pendampingan UMKM Desa Bunder.

Pelatihan pembuatan tepung mocaf ini kami bagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama mengikuti pelatihan pembuatan tepung mocaf, kelompok kedua dan ketiga mengikuti pelatihan pembuatan olahan makanan dari tepung mocaf yaitu kue kelapa, yang selanjutnya dilakukan berganti-gantian. Tepung mocaf ini kami pilih karena melihat potensi hasil panen dari dusun bunder berupa telo atau singkong.

Sosialisasi pemasaran dengan tema “Strategi Pemasaran” yang bertempat di balai dusun Bunder, sosialisasi yang diselenggarakan oleh kkn php2d. Sosialisasi dibagi dalam dua sesi diskusi, peserta yang hadir dijelaskan mengenai Strategi Pemasaran, Konsep Pemasaran dan pembuatan marketplace untuk UMKM KTH WANA TIRTA dan KWT MAWAR 1.

Sosialisasi pemasaran ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi pelaku UMKM yang ada didusun Bunder tentang pemasaran secara khusus. Harapan dari adanya sosialisasi ini, pelaku UMKM yang ada didusun Bunder lebih memahami pentingnya melakukan strategi pemasaran pada usahanya agar usahanya mempunya nilai keunikan tersendiri dan dapat meningkatkan pendapatan usahanya. (rahma)

Exit mobile version