Dongeng Virtual Kisah Inspiratif Teladan Rasulullah SAW

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. di sekolah inspiratif SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengadakan dongeng virtual bersama pendongeng Surabaya kak Anshori dan Kacong (boneka yang menemani), Kamis, 28 Oktober 2021, pukul 19.00 – 20.00 WIB.

Kegiatan ini diawali sambutan kepala sekolah SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Sholikin, M.Pd.I “dengan adanya kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. mari kita tingkatkan cinta dan selalu bersholawat kepada nabi Muhammad SAW. agar kehidupan kita semua bisa selamat dunia dan akhirat.” Tuturnya sambil tersenyum bangga karena anak-anak banyak yang mengikuti kegiatan ini meskipun dimalam hari.

Peringatan maulid nabi Muhammad SAW. diikuti oleh seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah 15 Surabaya baik itu guru, karyawan, siswa-siswi mulai kelas 1 sampai kelas 6 yang didampingi bapak dan ibu orang tua Walimurid, serta anak-anak TK se-kota Surabaya Selatan.

Pendongeng Kak Anshori yang didampingi Kacong (boneka uniknya), mengajak kepada seluruh peserta agar tetap semangat meskipun dimasa pandemi covid-19,”Kacong kamu tahu kita sekarang ada dimana? Ndak tau kak, jawab Kacong, kita sekarang ada di sekolah inspiratif SD Muhammadiyah 15 Surabaya, mau kamu sekolah disini? Mau-mau kak jawab Kacong ,” Jawab Kacong dengan nada gembira.

Sekolah yang terkenal SDM LIMAS ini merupakan sekolah yang luar biasa, karena adanya penanaman ilmu agama dan pengetahuan umum, dilatih berkarya kreatif dan penuh inspiratif serta berakhlakul karimah,” seperti kak Bulan yang membacakan ayat suci Al Quran tadi.” Sambung kak Anshori sambil memegang boneka Kacongnya.

Kak Anshori bersama boneka Kacongnya, mulai bercerita, saat raja Abrahah mau menghancurkan Ka’bah, dengan membawa pasukan gajah, Abrahah sendiri yang menjadi pemimpin nya,”gajah-gajah ayo kita berangkat menghancurkan Ka’bah, katanya sambil bersuara keras.” Ungkap kak Anshori sambil memperagakan jalannya gajah.

Tiba sampai di sekitar Ka’bah pasukan gajah bertemu dengan Abdul Muthalib, penjaga Ka’bah sekaligus kakek nabi Muhammad SAW.”Abrahah pun bertanya kepada Abdul Muthalib dengan congkak, mengapa kau halangi hancurkan Ka’bah? Lalu dijawab Abdul Muthalib dengan lemah lembut, karena ini rumah nya Allah SWT.” Sambung kak Anshori dan disambut tepuk tangan peserta maulid.

Saat Abdul Muthalib keluar dari sekitar Ka’bah, pasukan gajah Abrahah mulai mendekati Ka’bah, tapi apa yang terjadi, pasukan gajah Abrahah merasa ketakutan karena ada suara angin yang berhembus kencang dan munculah burung ababil sambil melempari kerikil kepada pasukan gajah Abrahah.

Kak Anshori dan Kacong boneka uniknya pun memperagakan saat pasukan gajah Abrahah dilempari kerikil,”aduh-aduh tolong-tolong sambil berhamburan, Abrahah pun terluka dan langsung pergi meninggalkan Ka’bah.” Seru kak Anshori sambil mengajak peserta maulid ikut melempari pasukan gajah Abrahah.

Pada saat itulah lahir nabi Muhammad SAW. bertepatan 12 Rabiul Awwal tahun gajah, ibunya bernama Siti Aminah dan ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib yang wafat dua bulan sebelum nabi lahir.” Beliau termasuk anak yatim, tetapi masa remaja nya terkenal dengan kejujuran dan keadilan Nya, sehingga dipercaya menjadi hakim saat peletakan Hajar Aswad.” Sambung kak Anshori sambil menutup maulid virtual dongeng inspiratif teladan Rasulullah SAW. (Ali Shodiqin)

Exit mobile version