YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Perjalanan Suara Muhamamdiyah Corner (SM Corner) sejak berdiri tahun 2017 tidak terlepas dari kerja jamaah dan kolaborasi antar warga persyarikatan Muhammadiyah. Sehingga saat ini telah hadir 62 Outlet SM Corner di berbagai daerah di tanah air termasuk mancanegara.
Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media/Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari, MA mengapresiasi keberadaan dan perjuangan SM Corner terutama di masa pandemi. Oleh karena itu dalam Silaturahim Keluarga Besar SM Corner se-Indonesia, SM Corner tengah menyiapkan untuk digitalisasi manajemen (Go Digital).
“Untuk SM Corner yang baru kami menggunakan sistem online, di mana sistem terkoneksi secara terpadu dengen pusat baik secara perangkat dan sistemnya,” ungkap Deni Asy’ari, Sabtu, 30 Oktober 2021. Suara Muhammadiyah terus mendorong bagaimana SM Corner di daerah dapat meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi warga persyarikatan.
Hal tersebut merupakan upaya untuk menghadirkan wajah dan strategi baru menyambut tahun 2022 sebagai tahun kebangkitan bagi SM Corner. Dalam rangka penyambut perhelatan akbar yaitu agenda Muktamar Muhammadiyah ke-48 Tahun 2022.
Selain itu, SM Corner juga akan mempersiapkan beberapa hal yang akan disinergiskan diantaranya meningkatkan varian produk, meningkatkan penjualan melalui jemput bola ke Amal Usaha, maupun melalui sistem drop ship atau re-seller.
Deni Asy’ari kembali mengingatkan bahwa hadirnya SM Corner adalah untuk mendorong kultur ekonomi di lingkungan persyarikatan. Tumbuh kembangnya Muhammadiyah tidak terlepas dari peran-peran para entrepreneur maupun saudagar Muhammadiyah yang melakukan mobilitas antar wilayah dan menyebarkan dakwahnya.
Menurut Deni Asy’ari, perlu perjuangan dan kegigihan untuk menjaga visi SM Corner. Terlebih dalam gerakan ekonomi tidak bisa dilakukan secara instan untuk mendapatkan keuntungan. Diperlukan pola-pola khusus dan inovasi dalam dunia bisnis yang tengah digelutinya.
Selain gerakan ekonomi, SM Corner juga merupakan kepanjangan tangan distribusi produk-produk pemikiran, gagasan, dan keputusan persyarikatan Muhammadiyah. SM Corner salah satunya bertujuan bagaimana gagasan-gagasan yang diproduksi oleh Muhammadiyah baik berupa buku-buku mau pun produk lainnya bisa terdistribusikan ke lingkungan warga persyarikatan dan masyarakat umum.
“Semangat awal kami dengan kehadiran SM Corner ini adalah bukan semata-mata pure (murni-red) bisnis, melainkan tentang mendorong dakwah ekonomi dan dakwah literasi melalui jejaring outlet SM Corner,” ungkap Deni Asy’ari.
Dalam Silaturahim Keluarga Besar SM Corner se-Indonesia juga diumumkan 10 SM Corner Terbaik Bulan Maret 2020 – Agustus 2021. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada rekan-rekan SM Corner yang aktif yang begitu gigih, terutama di masa pandemi ini,” tutur Deni Asy’ari.
Gerakan SM Corner diharapkan menjadi contoh pengelolaan potensi ekonomi persyarikatan dengan pola kolaborasi. Suara Muhammadiyah juga dalam proses pembukaan SM Corner di beberapa tempat seperti Aceh, Kalimantan Barat, Bali, serta daerah lainnya.
SM Corner Terbaik
Senada, disampaikan oleh Kepala Suara Muhamamdiyah Corner Pusat Yulianto Prasodjo untuk bangkit melangkah bersama untuk menghidupkan semangat ekonomi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah. Meskipun diterpa pandemi dan mengalami penurunan, SM Corner dapat bertahan dan terus melayani kebutuhan warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia.
Berikut 10 SM Corner Terbaik Bulan Maret 2020 – Agustus 2021
- SM Corner Kudus-Muttaqin
- SM Corner Makassar
- SM Corner Palembang
- SM Corner Karanganyar
- SM Corner Pekanbaru
- SM Corner Purbalingga
- SM Corner Banyuwangi
- SM Corner Semarang
- SM Corner Bangka Belitung
- SM Corner Sumbawa
(rpd)