UMGO, Universitas Swasta Terbaik di Gorontalo Versi UniRank 2021

GORONTALO, Suara Muhammadiyah -Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Universitas Swasta Terbaik di Gorontalo versi UniRank. Lembaga Pemeringkatan Universitas yang berbasis di Sydney Australia menempatkan Universitas Muhammadiyah Gorontalo sebagai Universitas Swasta Terbaik di Provinsi Gorontalo.

UniRank ( University Ranking) ini bertujuan memberi perkiraan peringkat global universitas dan kolese dunia berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web mereka dalam hal perkiraan lalu lintas, kepercayaan, otoritas, dan popularitas tautan berkualitas.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman www.4icu.org, ada penjelasan soal aspek penilaian dan metode yang digunakan. Tiga kriteria utama sebuah Perguruan Tinggi ( PT) dapat diikutsertakan dalam penilaian www.4icu.org.

Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya kalau di Indonesia oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN PT). Sementara PT yang belum terakreditasi tidak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat strata 1 ( sarjana) dan/ atau Pascasarjana, baik tingkat magister (S2) dan Doktoral. Dengan demikian lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas- kelas seminar, dan sebagainya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara lansung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dengan mahasiswanya. Artinya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas – fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

PT yang sudah memenuhi Tiga kriteria tersebut tidak akan bisa masuk dalam penilaian jika tidak memiliki website Institusi, website sudah kadarluarsa, atau website menggunakan domain Blogspot, wordPress, dan sebagainya.

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi Internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 Universitas yang diakui secara resmi di 200 negara.

Dilansir dari laman www.4icu.org , jumat 29 Oktober 2021 pukul 19.00 wita, berikut 4 Universitas Terbaik di Gorontalo versi UniRank :

1 Universitas Negeri Gorontalo ( peringkat 88 Nasional)
2. Universitas Muhammadiyah Gorontalo
( Peringkat 294 Nasional)
3. Universitas Ichsan Gorontalo ( Peringkat 338 Nasional)
4 Universitas Gorontalo ( Peringkat 339 Nasional).

Rektor UMGO Prof. Abd. Kadim Masaong ketika dikonfirmasi ( 30/10/2021) menyampaikan rasa syukur atas Penilaian dari UniRank yang menempatkan UMGO urutan Pertama Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Gorontalo, penilaiannya secara diam – diam tanpa ada pemberitahuan sebelumnya,dan saya yakin obyektif berdasarkan kriteria dari UniRank,” tutupnya. (jay/riz)

Exit mobile version