Alhamdulillah, Alumni FAI Unismuh Guru Terbaik PJJ BKD

Alhamdulillah, Alumni FAI Unismuh Guru Terbaik PJJ BKD

Alhamdulillah, Alumni FAI Unismuh Guru Terbaik PJJ BKD

MAKASSAR – Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMKN 4 kota Makassar Muhajir Basri, S.Pd.I meraih predikat terbaik sebagai peserta pada pelatihan Jarak jauh se-Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Sulawesi Barat.

Kegiatan pelaksanaan pelatihan menggunakan metode daring berbasis internet atau pelatihan secara online menggunakan aplikasi pelatihan jarak jauh ini dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) kota Makassar, 21 – 31 Oktober 2021, Via Zoom Meeting.

Muhajir Basri yang juga Alumni Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar ini mengkantongi nilai 93,78 predikat sangat kompeten (terbaik), menyusul dari SMKN 3 Toraja Utara dan SLTA 1 Maros.

“Alhamdulilah banyak pelajaran dan wawasan baru yang kami dapatkan terkait pemanfaat pembelajaran melalui teknologi selama kegiatan,” ungkap Muhajir Basri dalam rilisnya, Senin (1/11/2021).

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa indikator penilaian pada kegiatan ini sehingga mendapat predikat memuaskan. “Indikator penilaiannya itu dengan melaksanakan tugas selama proses kegiatan paling tidak aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap,” tuturnya.

Ditambah juga bentuk evaluasi tertulis, diskusi dan tugas individu yang dilaksanakan dengan tepat waktu.

“Semoga ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat sesama lainnya,” harap Muhajir Basri yang juga Guru MA Muallimin Muhammadiyah Makassar.

Diketahui bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 109/2013 Pasal 2, menyebutkan bahwa tujuan PJJ adalah untuk memberikan layanan pendidikan tinggi kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka, dan memperluas akses serta mempermudah layanan pendidikan tinggi dalam pembelajaran.

Dengan begitu dapat diartikan bahwa PJJ adalah suatu sistem pendidikan yang memiliki karakteristik terbuka, belajar mandiri, dan belajar tuntas dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dan/atau menggunakan teknologi lainnya, dan/atau berbentuk pembelajaran terpadu.

Beberapa materi disajikan dalam kegiatan pelatihan jarak jauh ini mulai dengan materi pembangunan bidang agama, building learning commitment, analisis SKL dan Indikator PAI Budi Pekerti, Nilai-nilai dasar sumber daya manusia, Konsep pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Ada juga materi Sistem pelatihan dan pengembangan SDM Kementerian Agama, Esensial PAI dan Budi Pekerti, Metodologi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Penilaian pembelajaran, Praktik Pembelajaran, hingga Evaluasi program. (ulil)

Exit mobile version