Vaksinasi Muhammadiyah Serang untuk Semua

Serang

SERANG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Serang bersama MCCC Banten dan Nasyiatul Aisyiyah Banten didukung oleh Kodim 0602 Serang melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bertajuk “Mentari Covid-19, Muhammadiyah Untuk Semua”. Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan program dari USAID dan MPKU Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang digelar pada Sabtu-Ahad, 30-31 Oktober 2021.

Ketua Distrik Manager Mulya Dewi mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut adalah hasil kerjasama dari beberapa unsur internal Muhammadiyah (AMM Kota Serang), Univeristas Muhammadiyah Banten dan juga unsur pemerintahan yang ada di Kota Serang, seperti Dinas Kesehatan Kota Serang, BPBD Kota Serang dan GOW (Gabungan Organisasi Wanita Kota Serang).

“Kami menargetkan sebanyak 3000 dosis khususnya bagi Kota Serang, Umumnya bagi Masyarakat Banten. Secara teknis, untuk tercapainya target tersebut kami bekerjasama dengan KODIM Serang melakukan ‘penjemputan bola’ ke kabupaten-kabupaten di Wilayah Banten,” ucap Dewi dalam keterangannya, Ahad (31/10/2021).

Sementara itu, Ketua PDM Kota Serang Hamsin Syarbini mengungkapkan acara ini menunjukkan salah satu bukti bahwa Muhammadiyah turut membantu program Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dan juga menekan angka penularan Covid-19. Hamsyin juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah mensupport penuh untuk kesuksesan acara tersebut.

Sekretaris Umum PWNA Banten Unaimah Sanaya pun menyambut baik atas agenda pelaksanaan vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah di Kota Serang. Ia berharap kehadiran Nasyiatul Aisyiyah dalam pelaksanaaan vaksinasi massal sebagai upaya mendukung gerakan pemerintah untuk pencegahan penularan dan menekan angka kematian akibat virus Covid-19.

“Sebagai organisasi perempuan yang fokus pada keberlangsungan hidup perempuan dan anak. Adanya penyebaran Virus Covid-19 menjadi perhatian penting bagi kami. Melihat rendahnya capaian vaksinasi kategori Lansia dan Remaja di wilayah Banten, hal ini menjadi target utama kami. Dari target 3000 dosis yang kami siapkan, rencannya 40% untuk Remaja, 40% untuk Lansia dan sisnya kami arahkan untuk masyarakat umum,” ujar Unaimah.

Harapan senada juga disampaikan penanggungjawab MCCC-Banten, dr. H. Nur Avenzoar, agar kegiatan vaksinasi massal bisa menjadi wadah promosi kesehatan, informasi serta edukasi yang tepat bagi masyarakat dalam memutus mata rantai dan menekan angka kematian akibat virus Covid-19 di Wilayah Banten.

“Kami MCCC-Banten bersama MPKU Banten menyiapkan 3000 dosis vaksin sebagai pencegahan dan tindakan secara sunggung-sungguh, masif dan terkoordinasi dengan baik. Sebagai Informasi, data terkahir yang sudah terinput ke link MPKU sebanyak 1.376 dosis dan 1.624 yang belum terinput” terang dr. Nur Avenzoar.

MPKU Banten, Dr. H. Desri Arwen. optimis angka 3000 pasti tercapai, namun persiapan harus dimaksimalkan, berkoordinasi intens dengan pemerintah daerah Kota Serang juga internal Muhammadiyah menjadi modal utama dalam keuksesan acara ini.

Sebagai informasi, selama lima hari sebelumnya panitia bersama Kodim sudah menyelenggarakan vaksinasi dengan mekanisme mobile ke beberapa lokasi yang ada di wilayah Serang. Hingga saat ini peserta yang sudah tervaksin sebanyak 3.043 dari 3000 peserta yang ditargetkan.

Hadir dalam vaksinasi massal tersebut sejumlah pimpinan Muhammadiyah antara lain. Wakil Bendahara MPKU PP Muhammadiyah Drs M Iqbal Rais MM, perwakilan program 108 Surya Fitri APT MM, Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Banten Turhaerudin, Ketua MPKU PWM Banten Dr Desri Arwen, Rektor UM Banten Dr Partono Siswosuharjo, Rektor UMT Dr Amarullah, Ketua MCCC Banten dr H Nur Avenzoar, Ketua PWNA Banten Sukaesih Spdi, Ketua MPKU Kota Serang dr Awang Saputra dan Ketua MDMC Banten Ir Bambang R Hadhy MM. (rpd)

Exit mobile version