Amar Makruf Nahi Mungkar Menggerakkan Roda Ekonomi

Amar Makruf Nahi Mungkar Menggerakkan Roda Ekonomi

Oleh: H.M.Sun’an Miskan,Lc

Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Jakarta dalam rangka wisuda Sarjana dan Diploma Tiga tahun akademi 2020/2021, Sabtu, 6 November 2021 di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII ) dipimpin Dr Lela Nurlaelawati,SE,MM, selaku Ketua STIEM JKT.

Maka dalam kata sambutan yang disampaikan oleh LL DIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III, Wakil Menteri Kordinator SDM Kabinet RI, menjelaskan bahwa tiap tahun Indonesia bertambah tenaga kerja dari lulusan SMA 1,8 juta orang dan dari Perguruan Tinggi 1,8 juta orang sehingga total pengangguran di Indonesia 9,3 (sembilan juta tiga ratus ribu) penganggur. Untuk itu para  wisudawan/wati, diminta menciptakan lapangan pekerjaan baru, menjadi wirausahawan yang mandiri.

Hal ini nilai sangat penting yaitu dalam rangka membantu pemerintah mengentas pengangguran dan mencontoh para Nabi, khususnya Nabi Muhammad SAW. Meskipun mereka mempunyai tugas berat untuk melakukan Amar Makruf dan Nahi Mungkar, namun mereka tidak melupakan menggerakkan roda ekonomi untuk kemakmuran diri, keluarga dan ummat dengan

Firman Allah SWT QS Saba 10-11 :

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ ﴿ ١٠﴾

[34:10] Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya

أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ ۖ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ ﴿ ١١﴾

[34:11] (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan

) QS Saba 10-11 )

Saba Rasulullah SAW

عَنِ المْقِدْاَمِ بْنِ مَعْدِ يَكْرِبَ -رضي الله عنه- عن النَّبِي -صلى الله

عليه وسلم- قال: «مَا أَكَل َأَحَدٌ طَعامًا قَطُّ خيرًا مِنْ أنْ يأكُلَ منْ عَمَلِ يَدِهِ، وإنَّ نَبِي َاللهِ دَاوُدَ – عليه السلم- كاَنَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ»

( رَوَاهُ الشَّيْخَانِ )

Artinya :

Dari Miqdam bin Makdi Yakrib RA dari Nabi SAW, beliau bersabda : “ Seseorang itu sesungguhnya tidak akan makan  makanan  kecuali itu adalah hasil dari usaha tangannya sendiri dan sesungguhnya Nabiyullah Dawud AS tidak makan kecuali dari hasil usahanya sendiri. ( HR  Shohiihain )

Suku bangsa Quraisy yang tinggal di Makkah di kenal pedagang, pebisnis dan pemutar roda ekonomi yang piawai. Al Qur’an mengabadikan dengan Surat Al Quraisy.

Jauh sebelum Nabi Muhammad  diutus yaitu pada Abad ke 5 Masehi dibawah pimpinan Qushayyi mereka sudah menggalang perdagangan dan perputaran bisnis dengan negara  Romawi,Persia,Yaman dan Ethiopia.

Pedagang besarnya yaitu Abdullah Al Jad’an At Tamimi, Walid bin Mughiroh Al Mahzuumy,Abu Sofyan Al Umawi, Hindun istri Abu Sofyan dan Siti Khadijah binti Khuwailid dan adik perempuannya Halah. Kedua orang terakhir ini yaitu Khadijah binti Khuwailid dan Halah  adalah berdagang lauk pauk dan bumbu-bumbuan. Yang saking kayanya ia memodali  Muhammad bin Abdullah sebelum diutus sebagai Rasul untuk berbisnis ke Syam dan Yaman.

Pasar Makkah yang makin ramai di musim haji itu terdapat berbagai macam mata dagangan dan usaha: Pasar Malam ( Suqul Lail ), Pedagang Minyak Wangi ( ‘Athooriin),, Pandai Besi ( Najjaariin),Tukang Pembuat Sepatu Sandal (Hidlaain), Pedagang Buah ( Fawakihah ),Kurma Setengah Matang ( Ruthob), Pasar Keledai( Himaariin), Pasar Jam ( Saa’ah), Tukang Bekam ( Hijaamain) , Money changger ( shorroofah ), Tukang Pembuat Panah dan Busurnya (Qowwasiin ), Pedagang Susu (Labbaniin). Pedagang Kain (Bazzaaziin) , Pedagang Kayu Bakar (Hathob ) dll.

Tatkala Nabi Muhammad diangkat jadi Rasul, maka pasar pasar itu di lestarikan. Pada musim haji jelang wukuf di Arofah ada tiga pasar yang beliau hidupkan yaitu Pasar Ukaz selama 20 hari, Pasar Dzul Majinah selama 10 hari dan Pasar Dzulmajas yang dekat dengan Arofah selama 8 malam.

Allah SWT memang membolehkan agar di musim haji yang 4 bulan itu Syawwal, Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram untuk berdagang untuk menggerakkan roda ekonomi dunia. Dan itu berlangsung sampai hari ini.

Firman Nya QS Al Baqoroh 198 :

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ ۚ فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوا اللَّهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ ۖ وَاذْكُرُوهُ كَمَا هَدَاكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الضَّالِّينَ ﴿ ١٩٨﴾

[2:198] Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari ´Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy´arilharam. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat

Rasulullah SAW sendiri berdagang di pasar khususnya musim haji,sehingga orang Kuffar Quraisy itu pada heran, dan mencemooh , seorang  Rasulullah kok dagang di pasar,seperti orang biasa saja .  Al Qur’an lalu  membela beliau dalam   Surat Al  – Furqon ayat 7 :

وَقَالُوا مَالِ هَٰذَا الرَّسُولِ يَأْكُلُ الطَّعَامَ وَيَمْشِي فِي الْأَسْوَاقِ ۙ لَوْلَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مَلَكٌ فَيَكُونَ مَعَهُ نَذِيرًا ﴿ ٧﴾

[25:7] Dan mereka berkata: “Mengapa rasul itu memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar? Mengapa tidak diturunkan kepadanya seorang malaikat agar malaikat itu memberikan peringatan bersama-sama dengan dia?

Dan QS Al Furqon 20 :

 

وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنَ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا إِنَّهُمْ لَيَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَيَمْشُونَ فِي الْأَسْوَاقِ ۗ وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ ۗ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا ﴿ ٢٠﴾

[25:20] Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu maha Melihat.

Sayang Jama’ah haji Indonesia kurang dapat memanfaatkan pasar musim haji ini karena keterbatasan bahasa dan waktu di Makkah dan Madinah. Malah konon karena keterbatasan ini pernah jadi sapi perahan di musim haji oleh pedagang di sana.

Kedepan generasi muda Islam Indonesia khususnya alumni STIEM Jakarta harus berperan untuk mewarnai dunia bisnis di musim haji.

Apakah bisnis sektor jasa sebagai tenaga acounting Perusahaan Kebersihan Swasta Saudi Arabia di Musim Haji  yang umumnya dikuasai oleh tenaga kerja dari Mesir. Atau tenaga manajemen di Perusahaan Penawaran Air Laut untuk air minum Jamaah Haji. Atau  Perusahaan Transportasi yang biasanya di kuasai tenaga kerja dari Negara Turki. Atau memang murni ingin berdagang dengan mata dagangan yang sudah digeluti selama ini. Kegiatan bisnis bisa dimulai   sebelum, selama, dan pasca musim haji.

Saya sendiri ditengah kesibukan  memimpin rombongan Jamaah haji ONH biasa , pasca Reformasi  1998, berbisnis kecil – kecilan yaitu membeli Qur’an Jaib ( Qur’an Saku ) di Perusahan Percetakan Al Quran Pemerintah Saudi di Madinah, saat mengajak ziarah jamah haji kesana. Saya membeli 1000 ( Seribu) exemplar @ Rls.2,5 ,- ( dua setengah real Saudi ). Kemudian dapat korting 150 exemplar ( Rls.175 ,- ). Sesudah itu  dijual di toko buku di Jakarta atau di jual ke santri/pelajar dan mahasiswa Indonesia @ Rls.5 ,-.

Atau seperti di tahun 1975 saat libur kuliah di Universitas Al Azhar Cairo, saat jamaah haji masih menggunakan Kapal Laut, dari Cairo lewat pelabuhan Suwez , saya membawa barang dagangan yang laris dijual  yaitu Jilbab, bahan dari benang kapas yang dingin kalau dipakai. Saya titipkan di toko-toko di Jeddah.

Bisnis lainnya ialah   beli barang dagangan jamaah haji di Madinah Hujjaj Pelabuhan Laut Jeddah ada rokok ( dagangan yang paling laku dan belum ada fatwa haram  ), kecap, bumbu-bumbuan, kain sarung di jual di Pasar di Mekkah atau langsung ke Jamaah Haji di penginapan mereka. Khusus untuk kain sarung dijual ke Jamaah Haji dari Yaman dan Nigeria

Saat jamaah haji pulang ke Indonesia, saya  membuka money-changger, melayani jamaah haji yang pulang ke Tanah Air yang masih menyimpan Dollar AS ($ US) atau Real Saudi (Rls) di tukar dengan rupiah kebutuhan mereka. Hal itu dapat saya lakukan karena di Lapangan Terbang Lama (Mathor Qodim) dipinggir kota Jeddah , tempat transit  jamah haji  tidak mempunyai fasilitas perbangkan atau money changger. Tidak seperti Lapangan Terbang Internasional King Abdul Azizi sekarang yang jauhnya dari kota Jedah 30 km, disini sekarang serba ada.

Pada tahun 1977 saat sudah ada pelayanan haji dengan pesawat terbang , saya bekerja sama dengan Awak Pesawat Garuda Pengangkut Jamah Haji , yaitu mengirim  barang dagangan ke Jakarta berupa karpet besar buatan Turki dan Iran.

Saat pulang ke Cairo setelah selesai jadi pegawai musim haji selama 3 bulan Syawwal, Zulqodah dan Dzulhijjah sebagian besar dana yang ada di tangan dirupakan barang dagangan yang sangat laku di Perdagangan Bebas  di kota  Cairo ,ada mesin ketik, radio Jerman merk Grundig . tustel  dan elektronika lainnya buatan Jepang dan Korea.

Memang modal pokoknya untuk berbisnis di musim haji ialah pandai bahasa Arab dan Inggris, sudah barang tentu juga berjiwa dagang dan menguasai pasar di  3 ( tiga ) kota yaitu Jedah, Makkah dan Madinah. Tapi kalau tidak pandai dua bahasa itu bahasa isyaratpun sudah  cukup untuk berbisnis di musim haji , di tengah sibuknya 3 (tiga) juta orang jamah haji, baik dari dalam negeri Saudi sendiri dan dari berbagai suku bangsa, dari  berbagai negara dengan kebutuhan mereka  yang luar biasa banyaknya.

Syariat haji  didalamnya ada yang murni untuk ibadah mahdloh yaitu  pada tanggal 8 s/d 13 Dzulhijjah dan ada yang terkait muamalah dunyawiyah hubungan sosial kemasyarakat yaitu berbisnis dan silaturrahim selama 4 bulan musim haji yaitu Sywwal, Dzulqa’ah, Dzul hijjah dan Muharram.

Maha Benar Allah yang membuat Syareat Haji  dapat membawa kemajuan karena menyatukan antara hubungan dengan Allah Al – Hakim dan hubungan dengan sosial kemasyarakatan (QS Ali Imran 112 ).

H.M.Sun’an Miskan,Lc., Ketua PWM DKI Jakarta

Exit mobile version