Mastakom Ibnu An Nafis IMM Umla

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( PK IMM) Ibnu An Nafis Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) mengadakan Masa Taaruf Komisariat 2021(Mastakom) yang bertempat di Auditorium Budi Utomo pada Jum’at-Sabtu (12-13/11/2021).

Kegiatan yang bertemakan Ta’aruf Ikatan, Mencerahkan Peradaban tersebut diikuti oleh kader-kader Mahasiswa baru yang ikut IMM Ibnu An Nafis.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IMM Kabupaten Lamongan, Satria Putra Wibisono mengatakan” Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah disamping sebagai organisasi pergerakan, juga sebagai organisasi perkaderan. Merujuk pada buku panduan Sistem Perkaderan Ikatan (SPI), perkaderan di IMM terdiri dari dua perkaderan yaitu perkaderan pokok dan perkaderan khusus” ujarnya.

Sambungnya ”perkaderan pokok terdiri dari tiga jenjang yaitu Darul Arqam Dasar (DAD), Darul Arqam Madya (DAM), dan Darul Arqam Paripurna (DAP).

Kemudian, dilanjut dengan perkaderan khusus yang terdiri dari tiga jenjang yaitu Latihan Instruktur Dasar (LID), Latihan Instruktur Madya (LIM), dan Latihan Instruktur Paripurna (LIP).

Sebelum itu, penting dilaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf (MASTA) atau masa pengenalan. Masta sendiri merupakan agenda pra perkaderan IMM yang dilakukan sebagai sarana pengenalan terhadap Muhammadiyah dan IMM kepada mahasiswa baru, serta sebagai pintu untuk bergabung menjadi kader IMM.

Setelah pelaksanaan Masta ini, ungkap satria “kami berharap para mahasiswa baru mengenal apa itu Muhammadiyah dan IMM baik dari segi organisasi dan gerakannya. Kemudian kedepannya para mahasiswa baru bisa lanjut untuk mengikuti perkaderan dan bergabung di IMM”.

“Dalam era digitalisasi ini, tantangan dakwah IMM lebih kompleks. Sehingga, kader IMM Ibnu An Nafis diharapkan mampu merespon dan menjawab tantangan tersebut guna mewujudkan cita-cita IMM”, ungkap ketua PC IMM Kabupaten Lamongan.

Anggi Maulana Ketua PK IMM Ibnu An Nafis mengatakan Mastakom atau lengkapnya masa Ta’aruf Komisariat PK IMM Ibnu An nafis adalah sebuah masa pengenalan dari calon kader baru. PK IMM Ibnu An Nafis dengan mengenalkan, apa itu IMM, terkhusus apa PK IMM Ibnu An nafis.

Lanjutnya, tujuan Mastakom ini adalah agar kader baru lebih mengenal dan paham arah pergerakan IMM khususnya PK IMM Ibnu An nafis.

“Melalui momentum masa ta’aruf ini adalah sebuah langkah awal. Dimana gerbang ta’aruf ini adalah awal untuk menentukan perubahan, awal untuk berproses dan berfastabiqul khoirot tentunya”, pungkasnya. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS)

Exit mobile version