Mentari Vaksin Covid-19 Sukses Laksanakan Program di 4 Kecamatan

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Rumah Sakit Umum ( RSU ) Aisyiyah Purworejo, Jawa – Tengah , menggelar vaksin massal di sejumlah kecamatan di kabupaten Purworejo. Kegiatan Vaksinasi Lintas Agama dilaksanakan  dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Dalam sambutannya Direktur RSU Aisyiyah Purworejo menyampaikan bahwa  target 3000 dosis vaksin tiap bulan untuk kabupaten Purworejo, syukur kalau bisa 4000 dosis, tergantung dari dinas kesehatan. Semoga target 3000 dosis tercapai tiap bulannya. Dr. Maimun lebih lanjut mengajak dan mohon bantuan bapak dan Ibu Peran Aisyiyah dan Muhammadiyah agar dapat diwujudkan. Purworejo sudah tervaksin 50 % lebih.Penduduk Purworejo sekitar 1 juta penduduk yang tersasar vaksin kurang lebih 800.000 jadi masih ada 200.000 yang belum tessasar vaksin. Dengan bantuan Bapak dan Ibu RSU Aisyiyah akan lebih dikenal masyarakat, untuk syiar. Juga.ditegaskan beliau bahwa pelaksanaan vaksin ini  untuk antisipasi karena dikawatirkan terjadi gelombang ke tiga covid 19. Pada kegiatan tersebut vaksin yang digunakan adalah P Faizer. Yang dapat di vaksin  usia 12 tahun keatas, sampai dengan usia 70 tahun, ibu menyusui dan ibu hamil setelah tri mester pertama juga bisa vaksin.

Program  mentari vaksin Covid – 19, 1000 dosis dari RSU Aisyiyah  Purworejo dilaksanakan  di empat kecamatan yang ada di Purworejo. Yaitu 1.Kecamatan Bagelen 2. Kecamatan Kemiri 3. Kecamatan  Gebang 4. Kecamatan Loano.

Pelaksanaan Vaksin pertama di kecamatan Bagelen, yang dilaksanakan pada hari  Selasa 9 Nopember 2021.Yang bertempat di MI Muhammadiyah Krendetan. Dalam sambutannya Ketua PD Aisyiyah Purworejo menyampaikan ucapan trima kasih kepada Pimpinan  Cabang Aisyiyah Bagelen beserta jajarannya dan Pimpinan  Cabang Muhammadiyah Bagelen  beserta jajarannya yg telah melaksanakan Vaksinasi  Covid – 19 bersama Rumah Sakit Umum Aisyiyah Purworejo. Dari 144 peserta yang dapat terlaksana vaksin 138 peserta.Di bagelen untuk peserta vaksin disediakan the panas dan senek.Selain dihadiri PCA dan PCM wilayah Bagelen kehadiran  dari PDA Purworejo tersebut menambah support pada pelaksanaan vaksin pada hari itu. Semoga ini tercatat sebagai  amal ibadah yang akan mendapat pahala sesuai dengan keihlasan kita. Aamiin. Alhamdulillah kegiatan vaksinasi di Kec, Bagelen berjalan dengan lancar

Pelaksanaan vaksin di hari kedua dilaksanakan di kecamatan Kemiri yaitu pada hari rabu tanggal 10 November 2021 .Yang bertempat di  SD Muhammadiyah Kemiri. Dari 250 pendaftar yang dapat hadir vaksin 234 orang. Alhamdulillah pelaksanaan vaksin di kemiri diikuti dengan antusias para peserta walaupun cuaca mendung dan turunnya hujan.

Pelaksanaan Vaksin dihari yang ke tiga di kecamatan Gebang.bertempat di TK ABA Rendeng  yaitu pada hari  kamis   11 November 2021. Di tengah guyuran hujan PCA Gebang dan RSU Aisyiyah Purworejo tetap hadir, demikian juga peserta vaksin yang antusias hadir.  Dari peserta berjumlah 373 dapat terlayani sejumlah 318. Alhamdulillah, pelaksanaan vaksin di Gebang berjalan dengan tertib dan lancar, walaupun di awal sosialisasi program Vaksin di RSU Aisyiyah Purworejo, dari Kecamatan Gebang sempat menyampaikan rasa kawatirnya, pesimis kalau tidak dapat terlaksana dengan lancar karena menurut PCM Gebang tersebut, wilayahnya sudah banyak yang ikut vaksin yang diadakan di Puskesmas Gebang.

Pelaksanaan vaksin di putaran terahir di kecamatan Loano yaitu pada hari ahad 14 November 2021  yang bertempat di TK ABA Loano. Alhamdulillah di Ahad pagi yang cerah kegiatan vaksin di Loano diikuti dengan antusias para peserta, terbukti baru PK 06.17 sudah mulai berdatangan peserta vaksin. Ternyata peserta vaksin di Kecamatan Loano yang berlokasi di TK ABA Loano diikuti selain dari Kecamatan Loano juga diikuti dari pendaftar wilayah gebang dan kemiri. Ini disinyalir bahwa mereka yang datang karena belum terlayani vaksinasi di wilayah tersebut. Ada juga peserta dari kuto winangun ini karena mengikuti putranya yang tinggal di Kecamatan Loano.

Kegiatan vaksin di wilayah Loano tercatat pendaftar awal ada 200 peserta, tetapi sampai hari pelaksanaan yang hadir di lokasi ada 234 peserta dan dari hasil secreening yang dapat divaksin berjumlah 282 Peserta. Kendala yang belum dapat divaksin karena tensi lebih dari 180.

Ketua PCM Loano  Bp Dr. Habib Soleh dalam kesempatan membuka acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama RSU Aisyiyah Purworejo dan masyarakat Loano dan sekitarnya atas pelaksanaan vaksin ini. Harapannya agar  dengan vaksin imun meningkat. Menurut Dr. Habib Soleh selain tempat representative,  mudah terjangkau dan gedung memadai untuk vaksin, pelaksanaan vaksin di TK ABA juga sebagai sosialisasi gedung baru TK ABA, selain itu lokasi tersebut juga akan di bangun SD Aisyiyah Purworejo yang berlokasi di lantai dua.

Pada pelaksanaan vaksin di kecamatan Loano peserta vaksin mendapatkan air mineral 1 botol dan senek juga buah pepaya, Alhamdulillah bagi yang belum sempat sarapan dari rumah dapat menikmati senek dan buahnya sebelum kegiatan vaksin.

Alhamdulillah selain dari PCA dan PCM Loano di hadiri pula dari PDA Purworejo yaitu Ibu Nurhayati dan Ibu Alifah. Sehingga menambah semangat kegiatan vaksin pada hari ini

Ditemui dalam kegiatan tersebut Ibu Noimah S.Pd M.MPd sebagai Ketua PCA Loano menyampaikan syukur Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, dari target 200 dosis vaksin tercapai kuota 282. Trima kasih kepada tim dari RSU Aisyiyah Purworejo yang sudah melaksanakan kegiatan ini.

Dukungan dari PCM Kec Loano,  PCA dan Dewan guru TK ABA Loano, LazizMu, KOKAM Purworejo serta Panti Asuhan Danukusumo sangat bagus, sehingga segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Hari terahir kegiatan vaksin tersebut selesai pada pukul 13.00 WIB yang disambut dengan rintik hujan di wilayah Loano.

Alhamdulillah kegiatan vaksin di empat kecamatan tersebut capaian jumlah yang tervaksin 972. Kegiatan ini sangat bagus untuk membantu umat dalam ihtiar sehat. Selain itu berkibarnya bendera Muhammadiyah dan Aisyiyah lebih kelihatan lagi dengan kegiatan vaksin ini.

Mari tebarkan kebaikan di setiap langkah untuk syiar Islam, Syiar gerakan Perempuan Aisyiyah berkemajuan. Fastabikul khoirot, Mari berlomba – lomba dalam kebaikan di setiap kesempatan. (Ribut Wahyuni)

Exit mobile version