Muhammadiyah Kota Surabaya Gelar Apel Milad ke-109

Muhammadiyah Kota Surabaya Gelar Apel Milad ke-109

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Kiprah persyarikatan Muhammadiyah untuk umat dan bangsa tidak perlu diragukan lagi. Ormas Islam yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan 109 tahun silam ini telah membuktikan dirinya sebagai kontributor terbesar dalam pembangunan bangsa baik di bidang agama, pendidikan, maupun sosial.

Hingga memasuki usianya yg sudah seabad lebih ini Muhammadiyah masih terus aktif bergerak memberikan pencerahan membangun peradaban.
Berkembang semakin luas dan kian membesar. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya Amal Usaha Muhammadiyah yang terus bermunculan baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan.

Mengusung tema, “Optimis Hadapi Covid-19, Menebar Nilai Utama” segenap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya menggelar apel di halaman gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam), jalan Wuni no 09 Surabaya, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan yang diikuti sekitar 140 peserta apel dari Ketua Ormas Islam, Ketua Partai Tingkat Kota Surabaya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah beserta Ortom, Majelis, dan Lembaga, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-kota Surabaya, Sesepuh Muhammadiyah dimulai pukul 06.00 WIB tersebut, tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari peserta apel dithermo gun ketika memasuki area, memakai masker, juga hand sanitizer.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Surabaya, Drs. H. Hamri Al Jauhari, M.Pd.I dengan tema “Optimis Hadapi Covid-19, Menebar Nilai Utama” Muhammadiyah masih tetap eksis dan berkembang, telah banyak berbuat untuk Agama, umat, dan negara. Perlu diketahui, Amal Usaha yang dikelola oleh Muhammadiyah kota Surabaya sebanyak TPQ 78 unit, TK dan PAUD 100 unit, SD/MI 29 unit, SMP 16 unit, SMU/SMK 9 unit, masjid dan musholla 117 unit, Rumah Sakit / Klinik / Rumah Bersalin 5 unit, Panti Asuhan 27 unit yang salah satunya adalah panti bayi yang menampung bayi dibuang orang-tuanya, bayi terlantar, bayi yang tidak dikehendaki, dan lain sebagainya.

Masih dengan ustadz Hamri, Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Surabaya juga memiliki PT. Sang Surya Surabaya, Koperasi Syariah Surya Timur, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, Maida Indonesia Cake & Bakery, Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah (LBHMU).

“Pada saat pandemi Covid-19, Muhammadiyah kota Surabaya membentuk satgas Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dengan mengerahkan segala tenaga dan dana yang ada. Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting, dan Amal Usaha seluruhnya kami kerahkan untuk ikut menangani pandemi Covid-19”, terang ustadz Hamri.

Lanjut ustadz Hamri, Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Surabaya terdiri dari 32 Cabang (Pimpinan tingkat Kecamatan), 118 Ranting (Pimpinan tingkat Kelurahan) dan terus berupaya menjalin hubungan baik dengan Pemerintah kota Surabaya, DPRD, instansi yang lain, organisasi kemasyarakatan, dan juga organisasi politik demi kemaslahatan masyarakat menuju Baldatun Toyyibatun wa Robbun Ghafur (Negeri yang baik dan Tuhan Yang Maha Pengampun).

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Milad Muhammadiyah ke-109 kota Surabaya, Edy Susanto, M.Pd menambahkan rangkaian kegiatan apel telah berjalan dengan tertib dan lancar. Serta didukung oleh beberapa Ortom dan Amal Usaha diantaranya ada Rumah Sakit Muhammadiyah (PKU Surabaya) yang juga ikut membantu menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis di akhir acara tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh komponen yang membantu terlaksananya apel Milad Muhammadiyah ke-109, baik kokam, tim orkestra mini SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, dan yang lainnya. Mudah-mudahan seluruh warga Muhammadiyah selalu menjadi teladan utama dan menebarkan manfaat untuk bangsa dan agama”, harap ustadz Edy.

Exit mobile version