Tausyiah dan Soft Launching Logmart, Meriahkan Milad 109th Muhammadiyah Tonjong, Brebes

BREBES, Suara Muhammadiyah – Berbagai cara dilakukan warga Muhammadiyah dalam memeriahkan Milad Muhammadiyah yang jatuh pada Kamis, 18 November 2021.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Tonjong, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menyambut milad Muhammadiyah kali ini dengan mengadakan event Tausyiah dan soft launching retail Logmart.

Deni Asyari, Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah, didapuk sebagai nara sumber dalam kegiatan tausyiah yang dihadiri oleh pimpinan cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se Brebes Selatan, serta pimpinan amal usaha Muhammadiyah yang ada di lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes.

Dalam Tausyiahnya, Deni Asyari mengingatkan kembali tentang karakter dasar gerakan Muhammadiyah, yang menjadi prinsip dan strategi bagi kemajuan dan perkembangan Muhammadiyah.

“Salah satu karakter dasar gerakan Muhammadiyah itu adalah, organisasi yang mandiri. Sikap kemandirian ini telah banyak dicontohkan oleh KH Ahmad Dahlan dan para sahabatnya pada awal-awal pendirian Muhammadiyah. Salah satu kisah yang sangat menunjukkan karakter kemandirian ini adalah, saat KH Ahmad Dahlan melelang harta pribadinya untuk keperluan biaya sekolah dan gaji guru Muhammadiyah,” ungkap Deni.

Kemudian karakter kedua menurut direktur Suara Muhammadiyah ini adalah, gerakannya yang dikelola berbasis jamaah. Semua amal usaha Muhammadiyah, tumbuh atas peran-peran berjamaah. Sekolah Muhammadiyah, rumah sakit Muhammadiyah, Baitul Tamwil Muhammadiyah dan lain sebagainya, tidak lepas dari kerja-kerja jamaah.

Maka, kekuatan dan semangat jamaah ini, jangan pernah hilang di dalam gerak dakwah Muhammadiyah. Bahkan, gerakan jamaah ini menurutnya, harus bisa ditransformasikan secara luas, ke dalam gerakan ekonomi dengan kehadiran Logmart yang ada di Tonjong.

Karakter ketiga dari gerakan Muhammadiyah adalah visioner. Muhammadiyah menurut Deni, membangun gerak dakwah dan amalnya berdasarkan visi yang jauh ke depan. Kehadiran Muhammadiyah maupun amal usahanya, bukan sekedar untuk mengisi program tahunan. Melainkan menjangkau cita-cita yang sangat panjang dan ke depan.

“Jika Muhammadiyah tidak memiliki visi yang jauh ke depan, tentu kita tidak mungkin bisa merayakan Milad Muhammadiyah di abad ke-2 ini. Dan milad yang kita ikuti hari ini, merupakan buah atas kerja-kerja para tokoh Muhammadiyah awal yang sangat visioner,” tambahnya.

Selain tausyiah, PCM Tonjong juga menjadikan momen milad 109 ini sebagai momen dibukanya gerakan dakwah ekonomi, dalam bentuk pembukaan jaringan gerai Logmart.

Dan menurut Hambali, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tonjong, kehadiran Logmart ini, wujud untuk menghadirkan pilar ekonomi dalam gerakan Muhammadiyah.

“Alhamdulillah, melalui semangat para jamaah, akhirnya Tonjong bisa memulai yang pertama, untuk pembukaan gerai Logmart ini di wilayah Brebes. Dan saya berharap, Logmart ini kita kembangkan di masing-masing PCM dan amal usaha Muhammadiyah,” ungkapnya.

Sementara itu, Khairudin, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes, dalam sambutannya, mengharapkan, agar Logmart yang hadir di Tonjong ini, dikelola secara profesional dan kerja-kerja yang bersifat total.

“Pengalaman kami di beberapa cabang, amal usaha banyak yang dikelola secara sosial dan sambilan, sehingga hasilnya tidak memuaskan. Maka, Logmarr yang ada di Tonjong ini, mestinya harus bisa dikelola secara profesional, agar dapat menjadi contoh cabang dan ranting Muhammadiyah di Brebes,” tuturnya.

Proses soft launching Logmart sendiri, ditandai dengan serimoni pengguntingan pita dan peninjauan area Logmart. Sekaligus penanda tangan MoU oleh Manajer Logmart Yulianto Prasojo dan Hambali, Ketua PCM Tonjong.

Dalam kesempatan tersebut, para jamaah Muhammadiyah pun, yang merupakan investor dari keberadaan logmart ini, merasakan kebanggaan, karena melalui semangat berjamaah, bisa berbelanja di rumah sendiri. (Pras)

Exit mobile version