Vaksinasi Muhammadiyah Sasar Daerah Rawan Bencana Gunung Merapi

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Program serbuan vaksinasi massal Covid-19 dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyasar ribuan warga di kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi. Tepatnya di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dalam rangka Milad ke-109 Muhammadiyah.

Wakil Sekretaris Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah dr Ekorini Listiowati menyebutkan, vaksinasi ini merupakan upaya mempercepat herd immunity di KRB. Vaksinasi sangat diperlukan bagi warga di daerah berisiko bencana, karena memungkinkan adanya evakuasi.

“Ketika ada kondisi mengharuskan untuk evakuasi, minimal masyarakat sudah tervaksin,”tuturnya pada Rabu, (18/11/2021).

Ia mengapresiasi persiapan pelaksanaan vaksinasi yang cukup baik. Panitia mengatur jalan masuk dan keluar. Tempat duduk pun berjarak. Warga juga antusias mengantre untuk mendaftar, mengikuti skrining vaksinasi, dan taat prokes.

“Penataan denah dan alur kedatangan peserta yang dibuat panitia bagus. Sehingga mengurangi kontak antarpeserta,” ungkapnya.

Rini melanjutkan, vaksinasi ini  tidak hanya rangkaian milad. Sejak awal pandemi di tahun 2020, Muhammadiyah berkomitmen membantu pemerintah dalam menangani pandemi.  Muhammadiyah juga mengambil peran dalam program vaksinasi dan bantuan sosial.

“Ini sudah ke-95 daerah untuk penyelenggaraan vaksinasi bersama MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center),” imbuhnya.

Berdasarkan data yang didapat Rini, capaian vaksinasi di Kabupaten Magelang masih rendah. Oleh karena itu pihaknya menggencarkan vaksinasi massal dengan target minimal penyaluran 3.000 dosis vaksin. Selain itu, 9.000 dosis vaksin melalui klinik dan rumah sakit.

“Silahkan dimanfaatkan oleh Kabupaten Magelang. Kita mendorong tercapainya target vaksinasi sebanyak 70 persen,” pungkasnya.(bal/van)

Exit mobile version