Banjir Serdang Bedagai Berlanjut, LazisMu, MDMC dan LLPBH Turun Kembali

Banjir Serdang Bedagai Berlanjut, LazisMu, MDMC dan LLPBH Turun Kembali

SEI RAMPAH, Suara Muhammadiyah  – Kondisi banjir di kawasan Serdang Bedagai masih memerihatinkan. Setelah banjir berlangsung lebih 10 hari kemudian surut, kini air kembali meninggi disebabkan hujan dengan intensitas tinggi kembali terjadi. Kawasan Serdang Bedagai pun kembali terendam.

Curah hujan yang lebat serta air pasang laut menjadikan sebagian kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara kembali terendam. Empat kecamatan yanbg terendam adalah  Tanjung Beringin Hilir, Sei Rampah, Sei Bamban serta Sipispis hulu. Kali ini ada  2000 rumah terendam banjir  dan mengharuskan 3000 jiwa mengungsi.

Keperihatinan itu direspon Keluarga Besar Muhammadiyah. Melalui LazisMu Sumatera Utara bersama LLHPB Aisyiyah Sumut, MDMC kembali turun ke Sergai dengan menyalurkan berbagai jenis sembako untuk keperluan warga yang terisolasi karena tingginya air.

Tim dipimpin Ketua LazisMu Sumut Muhammad Basir Hasibuan MPd bersama Ketua Lembaga LHPB Dra. Djamilah MPd dan Sekretaris Sri Ngayomi MPsi turun langsung ke beberapa kawasan di sana. Ikut serta dalam tim PD Muhammadiyah, PD Aisyiyah dan tim LazisMu Serdang Bedagai.

Distribusi sembako dan berbagai kebutuhan warga dilakukan dengan menggunakan perahu karet yang dibawa dari Medan. ” Tim LazisMu disambut dengan rasa syukur warga yang sedang terjebak banjir di rumahnya,” kata Basir Hasibuan.

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Lembaga LHPB Aisyiyah Sumut Sri Ngayomo MPsi. ” Kami sangat terharu dan bersyukur bisa membawa warga yang terdampak,” jelas dosen UMSU itu.

Dukungan Muhammadiyah sudah dilakukan beberapa kali untuk membantu warga terdampak banjir. Pimpinan Muhammadiyah / Aisyiyah Serdang Bedagai bersama LazisMu di sana telah melakukan respon awal dengan menyalurkan bantuan. Kemudian menyusul PW Aisyiyah mendistribusikan beras, telur dan kain sarung melalui LazisMu Sergai. Bantuan juga datang dari LazisMu Kota Medan dan Muhammadiyah Simalungun. Terkahir LazisMu Sumut bersama elemen Muhammadiyah lainnya kembali melakukan penyaluran bantuan.

‘Kemudian hadir tim medis dari Fakultas Kedokteran UMSU memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepad warga di sana.

Untuk menangani pendistribusian bantuan itu, Muhammadiyah membuka posko-taktis di depan Masjid Taqwa Sei Rampah menjadi posko induk. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version