Raih Prestasi, StartUp Conect Juara 3 KMI EXPO XII Kemendikbudristek

Conect

MALANG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Muda Mendunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan startup teknologinya “CONECT” berhasil meraih Juara 3 Kategori Umum Kategori Teknologi di Ajang KMI EXPO XII yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam 3 hari mulai Rabu – Jum’at, 17 – 19 November secara hybrid di Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur.

“Salah satu tujuan dari pengiriman kontingen menuju Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO XII adalah untuk melatih kemampuan soft skill mahasiswa”, ungkap Radyan Dananjoyo, dosen pembimbing Conect dari UMY. Melalui partisipasi mahasiswa dalam kompetisi ini akan mampu melatih ide kreatif serta meningkatkan kemampuan problem solving. Sehingga mahasiswa dapat melakukan integrasi antara ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktik bisnis secara langsung. Kemampuan ini akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa ketika akan memasuki dunia kerja atau menjalankan usahanya di masa yang akan datang.

TIM yang diketuai oleh Putri Fadilah (Prodi Manajemen 2019) dan beranggotakan 3 orang yaitu Alif Fatullah (Prodi Teknik Elektro 2018), Ika Fitriana (Prodi Manajemen 2019), Qhansa Binti Riedho (Prodi Akuntansi 2018),  berhasil mengharumkan almamater UMY dan mengalahkan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Ide yang dibawa yaitu CONECT, Platform Social Network Profiling yang dapat membantu pengguna membangun personal branding yang nyata, dan relasi yang mendalam dengan c-identity (CID) yang terintegrasi. CID sendiri  merupakan teknologi single identity yang didesain secara khusus oleh CONECT untuk dapat merekam riwayat hidup secara otomatis dan mengkonversinya menjadi profile yang nyata. Sampai sekarang Platform ini bisa di akses melalui website www.conect.id atau download aplikasi CONECT di Google Playstore.

“Ide tersebut hadir karena keprihatinan kami melihat ada lebih dari 35% Akun palsu di Asia Tenggara (inet.detik.com), 28,7% orang terdampak penipuan digital di Indonesia (beritasatu.com) dan lebih dari 60% orang terpapar hoax di Indonesia (databoks). Sehingga perlu hadir nya solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut sampai ke akar masalahnya. Kami melalui CONECT menghadirkan profile berbasis single Identity yang dapat menampilkan profile nyata dan informasi terverifikasi kebenaranya”. Papar Putri, Ketua TIM Conect KMI Award.

Sebagai ketua tim Putri merasa bangga memiliki tim yang luar biasa dan saling melengkapi satu sama lain, sehingga bisa menggapai prestasi dan membanggakan nama Universitas. Tentu dalam persiapanya kami mendapat banyak bantuan dan bimbingan dari Startup and Business Incubator (SEBI) UMY. Harapan putri “Kemenangan kali ini bukanlah akhir, Namun awal pembelajaran untuk kembali mengukir prestasi lebih tinggi dan menujukkan CONECT kepada dunia”. (alth)

Exit mobile version