Kado Milad 109 Muhammadiyah, PDPM Parepare Siapkan Kader Konservasi

Parepare

PAREPARE, Suara Muhammadiyah – Semarak Milad Muhammadiyah 109, Pemuda Muhammadiyah Parepare akan melaksanakan kegiatan Pembentukan Kader Konservasi Perairan dan Keaneka Ragaman Hayati Laut.

Kegiatan tersebut diagendakan di akhir bulan Desember 2021 sebagai bentuk pengabdian untuk Persyarikatan Muhammadiyah yang usianya memasuki 109 tahun.

Selain itu kegiatan tersebut juga sebagai wujud kepedulian Pemuda Muhammadiyah dalam menghimpun potensi muda untuk berkarya dan terlibat dalam program pemerintah di bidang perairan dan keanekaragaman hayati laut.

Menurut Alimuddin selaku Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemuda Muhamamdiyah Parepare, pentingnya membentuk kader konservasi untuk menumbuh kembangkan dan menggerakkan kepeloporan kaum muda yang memiliki pamahaman serta kesadaran melestarikan sumber daya perairan dan kelautan.

Potensi alam bersifat terbuka dan dapat dimanfaatkan oleh siapapun, sehingga sangat penting menghadirkan kader-kader konservasi yang akan tampil mengedukasi dan melestarikan sumber daya dan keanekaragaman hayati.

Upaya ini diharapkan dapat meminimalisir potensi kerusakan lingkungan dan degradasi sumber daya dan keanekaragaman hayati yang ujungnya akan menurunkan nilai biologis, sosial ekonomi dan sosial budaya bagi masyarakat, tegas Alimuddin.

Keseriuasan menyiapkan kader konservasi, Pemuda Muhammadiyah Parepare menjalin kerjasama dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) yang mencakup wilayah kerja se Sulawesi.

Asrinan (Sekretaris Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemuda Muhamamdiyah Parepare) melaporkan bahwa beberapa waktu yang lalu telah dilakukan audiensi dengan Bagian Sub Koordinator Kelompok Pendayagunaan dan Pelestarian. Bapak Munandar Jakasukmana, mewakili BPSPL mengapresiasi dan sedia berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

Munandar, berharap dalam acara tersebut akan disertakan penanaman magrove secara simbolis sekaligus akan memprogramkan pembinaan secara berkelanjutan agar memperkuat peran kader-kader konservasi yang telah dibentuk oleh Pemuda Muhammadiyah.

Sampai saat ini persiapan telah melalui beberapa tahapan, mulai dari menyusun gagasan dan rencana lanjutan, menggalang kemitraan, berkoordinasi dengan PW Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan membentuk struktur tim pelaksana yang diagendakan bersamaan dengan rapat rutin Pemuda Muhammadiyah Parepare. (mnm/pm)

Exit mobile version