Cara SD Muhammadiyah 11 Kradenan Ajari Siswa Mencintai Persyarikatan

Cara SD Muhammadiyah 11 Kradenan Ajari Siswa Mencintai Persyarikatan

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sebagai bentuk mencintai persyarikatan Muhammadiyah secara dini pada anak didik, SD Muhammadiyah 11 Kradenan, Purwoharjo Banyuwangi memperingati Milad 109 Muhammadiyah dengan cara apel bersama dan sekaligus pemberian santunan pada siswa kurang mampu, Rabu (24/11/2021).

Giat yang dilakukan dihalaman SD Muhammadiyah 11 Kradenan, Purwoharjo ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan. Dengan mengundanghadirkan seluruh ortom persyarikatan, mulai dari Pimpinan Cabang Purwoharjo, Dikdasmen Cabang Purwoharjo, Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM Cabang Purwoharjo serta siswa-siswi PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal sekitar lingkungan SD.

“Kami laksanakan Peringatan Milad 109 Muhammadiyah dengan apel bersama seperti ini adalah merupakan cara mendidik siswa untuk bela negara dan mencintai persyarikatan Muhammadiyah secara dini. Sebab kami berkeyakinan mereka inilah nanti yang akan melanjutkan perjalanan Muhammadiyah tidak hanya di Purwoharjo dan Banyuwangi saja,” terang Sutrisno Hadi, S.Pd, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 11 Kradenan Purwoharjo.

Lebih lanjut Kepala Sekolah yang juga Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banyuwangi ini menambahkan, dikegiatan kali ini juga diisi dengan pemberian santunan kepada siswa-siswi SD dan PAUD ABA yang kurang mampu sebanyak 20 anak. Hal ini merupakan cara siswa SD Muhammadiyah 11 Kradenan saling asih asuh dan bergembira serta menggembirakan di hari ber-Muhammadiyah.

Tidak hanya itu, sebanyak 50 siswa PAUD ABA dan DINAR dihadirkan dalam apel bersama peringatan Milad ini. Disamping untuk ikut bersama memperingati hari berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah, kehadiran siswa-siswi PAUD ini sekaligus mengenalkan dunia pendidikan pada jenjang diatasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purwoharjo menyambut senang dengan digelarnya apel bersama. Sebab ini merupakan inovasi dan cara sekolah untuk lebih mengenalkan dan mencintai persyarikatan Muhammadiyah secara awal pada siswa SD.

“Ini bisa menjadi contoh bagus bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah yang lain di Cabang Purwoharjo untuk bisa ditiru, mengingat yang lain belum pernah melaksanakan. Selain itu cara seperti ini merupakan bentuk mendekatkan Muhammadiyah pada anak didik,” jelas Suherman, M.Pd, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Purwoharjo.

SD Muhammadiyah 11 Kradenan dan Majelis Dikdasmen berharap agar kegiatan seperti ini terus perlu dilanjutkan guna menunjang prestasi anak didik baik dibidang akademik seperti Kemuhammadiyahan dan Ismuba. Selain itu guna mendorong prestasi non akademik seperti apel bersama peringatan Milad dan pemberian santunan kepada siswa sesama. (Rizkie Andri)

Exit mobile version