Dosen UMC Gagas Menghafal Al-Qur’an Metode “RERE”

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Dosen Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) gagas metode menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode “RERE”. Metode “RERE” sebenarnya sudah mulai digagas sejak 2 tahun yang lalu oleh Nurkhaeriyah,S.Th.I.,M.S.I, namun baru dikenal karena keberhasilan metode tersebut.

Menurut Khaeriyah sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa metode ini adalah metode Pembelajaran tahfidz yang kami ciptakan dengan nama “Metode Tahfidz Rere (Read, Repeat Together)” untuk bisa di praktikan disemua usia. “Metode ini biasanya kami ajarkan dalam proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan di MTsN 2 Negeri Babakan Ciwaringin Cirebon”. Ungkapnya saat diwawancarai pada Sabtu, (27/11) di Fakultas Agama Islam UMC.

Read memiliki banyak makna yang tersimpan didalamnya. Makna filosofi yang sesuai dengan ayat Al-Qur’an yang pertama turun, lafadz “Iqra’’ yang berarti “Bacalah”. Ada beberapa pemahaman dalam memaknai read atau Membaca menurut Tafsir Isyari, yang dikutip oleh Prof. Dr. Nasarudin Umar dalam buku Mozaik Tafsir Indonesia yaitu: How to Read, Bagaimana kita membaca Al-Qur’an, baik secara teks maupun kontekstual. How to Learn, Bagaimana kita mendalami bahwa Al-Qur’an terhubung dengan alam semesta. How to Understand, Bagaimana kita menjiwai Al-Qur’an dan menerapkan nilai-nilai keluhurannya dalam kehidupan sehari-hari. How to Maditate, Bagaimana kita melibatkan spiritualitas kita dan menghadirkan segenap jiwa dalam pembacaan Al-Qur’an.

“Dengan pembacaan yang demikianlah Rasulullah menjalankan kehidupan sehari-hari yang patut dijadikan teladan bagi kita semua,” jelasnya.

Repeat, yang artinya mengulang atau muraja’ah  adalah mengulang kembali ayat-ayat yang baru dihafalkan. “Hal ini sangat penting dan tidak boleh terlewatkan karena hafalan yang telah masuk ke dalam hati dan pikiran kita membutuhkan pengulangan. Fungsi Repeat atau muraja’ah yaitu untuk menjaga hafalan agar ayat-ayat yang sudah dihafalkan tidak lupa”. Lanjut Khaeriyah.

Together, yang artinya bersama-sama atau Berjama’ah, dalam hal ini maksudnya adalah bersama-sama dalam membaca dan mengulang hafalan Al-Qur’an. Berjama’ah merupakan amalan baik yang mendatangkan banyak manfaat.  “Metode Tahfidz “RERE” (Read, Repeat Together) merupakan metode pembelajaran Tahfidz yang sangat efektif dan efisien bagi kita semua baik balita, remaja maupun dewasa. Semoga bermanfaat bagi Agama Bangsa dan Negara serta selalu dalam kasih sayang dan Ridho Allah SWT. Aamiiin,” tutupnya. (ranov/riz)

Exit mobile version