Workshop Inovasi Produk Lokal Desa Condongsari

TIM PHP2D 2021 Si MaCo HIMAPFIS UM Purworejo Menggerakkan Semangat Berwirausaha

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – “Menggerakkan Semangat Berwirausaha Melalui Penguatan Inovasi Produk Lokal dan Pemanfaatan e-Commerce Menuju Desa yang Mandiri” itulah tema yang diambil oleh Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan yang difokuskan di desa Condongsari kecamatan Banyuurip tersebut Minggu dan Selasa  (21 dan 23/11) diikuti oleh ibu-ibu PKK, Perangkat desa, BUMDES dan beberapa warga semua berjumlah 20 orang. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa yang kemudian di singkat menjadi PHP2D Pendanaan oleh KEMENDIKBUD RISTEK 2021.

Sementara itu Fadilla Nur Ramadhani selaku Humas TIM PHP2D 2021 Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) UM Purworejo menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud dari program KEMENDIKBUD RISTEK 2021.   “Macam kegiatan yang telah dilaksanakana anatara lain pelatihan inovasi produk berupa stik dan coklat tempe, workshop inovasi produk, dan pelatihan aplikasi si maco penggunaan aplikasi simaco (layanan mandiri terkait administrasi surat menyurat, dan toko online). Kegiatan yang dinanai dari KEMENDIKBUD RISTEK 2021 tersebut telah berjalan 5 (lima) bulan terhitung dari awal pembuatan proposal” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Condongsari yakni Bapak Cahyo Saptono, S.Si., mengatakan “ Sesuai dengan tema, kami harapkan kegiatan ini sebagai pendorong peningkatan kualitas dan produktivitas UMKM desa, serta dapat membangun kemandirian warga dan mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dengan fokus kepada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, dan pengembangan sumber daya manusia,” katanya.

Dalam workshop kali ini diisi oleh beberapa pemati antara lain Bapak Murhadi, S.Pd. T. M. Eng.  Dosen Teknologi Informasi Universitas Mudahammadiyah Purworejo dengan tema Pemanfaatan e-Commerce Si MaCo Sebagai Digitalisasi Pemasaran Menuju Desa Condongsari yang Mandiri. Selaiin itu  Siti Sopiyah Ketua Koperasi Podomoro dengan tema Strategi Berwirausaha Melalui Inovasi Produk Lokal. Sesi yang ketiga adalah diskusi. Acara workshop ini diakhiri dengan sesi foto bersama. (swara kenanga/riz)

Exit mobile version