Fakultas Saintek UMBandung Jalin Kerja Sama dengan Farmasi Unpad

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Bertempat di aula utama UMBandung, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UMBandung menggelar pertemuan sekaligus penandatanganan nota kerja sama dengan Fakultas Farmasi Unpad, Selasa (30/11/2021) siang.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMBandung Prof. Md. Dr. Ir. Syafruddin Masri, S.T. mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan antara UMBandung dan Unpad ditujukan dalam rangka menjalankan tugas perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarkat.

”Kerja sama ini juga menitikberatkan kepada peningkatan performance dari staf akademik kita khususnya Prodi Farmasi,” ujar Syafruddin.

Menurut Syafruddin, hal tersebut dipandang penting karena nanti itu akan menjadi penopang untuk menjalankan tuntutan dari pemerintah dalam menghasilkan suatu produk ataupun pemikiran ilmiah yang baik.

”Nah ini kita bisa dapatkan ya, tidak bisa hanya kita bekerja sendiri, tetapi kita memerlukan kerja sama dengan universitas yang lain, salah satunya dengan Unpad,” lanjut Syafruddin.

Hal yang lebih penting ditegaskan Syafruddin, yakni kerja sama dengan Unpad juga akan menjadi nilai tambah bagi suatu program studi dalam melakukan suatu akreditasi.

Kualitas setara

Sementara itu, Dekan Farmasi Unpad Prof. Dr. apt. Ajeng Diantini, M.S., mengatakan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh kedua fakultas dalam memenuhi tiga tugas perguruan tinggi.

”Tujuannya tentu saja setiap kerja sama, ingin memberikan edit value untuk masing-masing institusi,” kata Ajeng.

Nantinya kedua fakultas, kata Ajeng, akan saling mendukungan untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dalam bidang kesehatan.

”Jadi, kami tentu saja ingin bahwa kualitas tenaga kesehatan yang dihasilkan oleh seluruh perguruan tinggi farmasi yang ada di Indonesia itu bisa setaralah,” katanya.

Hal tersebut, menurut Ajeng sangat penting agar masyarakat bisa mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan yang sama baik.

”Jadi, semua siapa pun harapannya yang lulus dari Unpad ataupun lulus dari UMBandung, lulus dari ITB, misalnya, itu inginnya adalah mempunyai kualitas yang setara,” ucap Ajeng.***(Firman Katon)

Acara pertemuan dan penandatanganan kedua fakultas digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik. Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMBandung Prof. Md. Dr. Ir. Syafruddin Masri, S.T., Dekan Farmasi Prof. Dr. apt. Ajeng Diantini, M.S., dan seluruh dosen Prodi Farmasi UMBandung. (Firman Katon)

Exit mobile version