Wisuda Angkatan III STKIP Muhammadiyah Kalabahi Kukuhkan 46 Sarjana Pendidikan

Wisuda Angkatan III STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Wisuda Angkatan III STKIP Muhammadiyah Kalabahi

ALOR, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Aula Utama Hotel Symfoni, STKIP Muhammadiyah Kalabahi menggelar Kegiatan Akademik Wisuda Angkatan III Periode Ganjil Sarjana Strata Satu (S-1) pada Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Matematika.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 ini, ada 46 sarjana Pendidikan yang dikukuhkan, berasal dari dua Program Studi yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 36 orang dan Pendidikan Matematika sebanyak 10 orang.  Kegiatan Wisuda ini dihadiri oleh tokoh-tokoh pemerintah, tokoh masyarakat dan tentunya orang tua dari para wisudawan/wisudawati.

Dalam sambutannya, Marzuki Galeko, SE.,M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi menyampaikan perkembangan kampus STKIP Muhammadiyah baik dari sisi akademik maupun non akademik yang sudah mulai mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Sebagai kampus baru, yang didirikan pada tanggal 17 Oktiber 2014, STKIP Muhammadiyah Kalabahi telah berupaya menjalankan aktifitas akademik dan non akademik dengan baik.  Pada wisuda angkatan pertama Tahun Akademik 2019/2021, ada 114 orang sarjana yang dilahirkkkan.  Pada Tahun Akademik 2021/2021 Periode Ganjil, 66 orang sarjana diwisudakan, diikuti dengan Wisuda Angkatan II Periode Genap yang melairkan 42 orang sarjana.

“Puji Syukur, pada Wisuda Angkatan III Periode Ganjil, ada 46 orang sarjana yang akan dikukuhkan.  Kesemuanya berasal dari dua Program Studi Yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Matematika.  Dari kesemua sarjana yang dikukuhkan di STKIP Muhammadiyah Kalabahi, rata-rata sudah terserap di dunia kerja.  Baik di lembaga pendidikan (sekolah), lembaga pemerintahan desa maupun berwirausaha,” demikian Marzuki menyampaikan di awal sambutannya.

Wisuda Angkatan III STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Berkaitan dengan legalitas kampus, Marzuki menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu merasa khawatir, karena baik Program Studi maupun Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Kalabahi sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

“Dua Program Studi yang ada di Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Matematika telah melewati proses assesment lapangan dan mendapatkan sertifikat dari BAN-PT.  Dalam masa pandemi yang tidak memungkinkan visitasi lapangan untuk Perguruan Tinggi, dilakukan visitasi secara daring dan mendapatkan sertifikat dari BAN-PT dengan status baik.  Dengan keberadaan legalitas ini, diharapkan tidak ada lagi kekhawatiran masyarakat untuk berkuliah di STKIP Muhammadiyah Kalabahi,” lanjutnya.

Dalam sambutan LLDIKTI Wilayah XV Nusa Tenggara Timur yang disampaikan melalui rekaman video, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M.Si.,Ph.D selaku Kepala LLDIKTI Wilayah XV menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur yang ada di Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi, dan juga ucapan selamat kepada para Wisudawan/ti dan para orang tua.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi dan semua unsur yang ada di dalamnya, termasuk pihak yayasan yang telah berperan aktif menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.  Kepada para Wisudawan/ti dan para orang tua, kami ucapkan selamat.  Semoga gelar yang dikukuhkan hari menjadi jalan untuk memudahkan para lulusan agar dapat terjun ke dunia kerja,” ungkapnya.

Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag.,M.Pd selaku Wakil Sekretaris dalam sambutannya memberikan motivasi berkenaan dengan hal-hal yang harus diperhatikan setelah para Wisudawan/ti dikukuhkan menjadi seorang sarjana.

“Setelah ananda diwisuda dan tentu kita berharap bisa diterima di dunia kerja, hendaknya memperhatikan beberapa hal ini.  Pertama dalam menjalani pekerjaan, apapun itu dahulukan prinsip profesionalitas karena guru merupakan pilar penting dalam membentuk karakter bangsa.  Yang kedua, para sarjana mampu melakukan inovasi dalam bekerja.  Yang ketiga para lulusan harus menjadi kader yang baik yang selalu menebar kebaikan.  Pesan KH. Ahmad Dalan, jadilah guru dan juga jadilah murid”.  Demikian yang disampaikan juga melalui rekaman video.

Mewakili pemerintah Kabupaten Alor, Drs. Imanuel Laukamang, M.Si, dalam arahannya memberikan apresiasi kepada STKIP Muhammadiyah Kalabahi sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi yang ada di Kabupaten Alor.

“Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada lembaga STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang telah memberikan kontribusi dalam meyukseskan program pemerintah, yaitu Alor Kenyang, Alor Sehat, Alor Sehat.  Harapan kami dan tentunya harapan kita semua, semoga semua yang telah dilakukan dalam waktu dekat bisa mengantarkan STKIP Muhammadiyah Kalabahi menjadi Universitas di Kabupaten Alor”  ungkap Imanuel yang menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Alor Bidang Sosial Kemasyarakatan. (raspa laa/riz)

Exit mobile version