Mengukur Potensi Menulis Fiksi Mahasiswa PMT Melalui Project Based Learning

menulis

Mengukur Potensi Menulis Fiksi Mahasiswa PMT Melalui Project Based Learning

Oleh: Hendra Apriyadi , MPd

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta raya. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpah kepada Nabi Agung junjungan kita, Nabi Muhamad SAW, keluarga, sahabat dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Menulis adalah kerja keras, patut disyukuri dalam masa pandemi covid 19 di tahun 2021, Para mahasiswa Politeknik Muhammadiyah Tegal semester 1 dalam mata kuliah bahasa Indonesia, Dapat berkarya dan menghasilkan karya cipta berupa cerita-cerita yang unik dan menginspirasi.

Semangat terus bergerak dan berkarya untuk ciptakan produk-produk hebat berupa karya tulis fiksi maupun nonfiksi. Selaku dosen Bahasa Insdonesia di Politeknik Muhammadiyah Tegal memberikan apresiasi kepada para mahasiswa dari berbagai jurusan atau kompetensi keahlian yang telah berhasil dan berproses membuat karya tulis yang unik.

Strategi belajar mengajar yang perlu dikembangkan oleh perguruan tinggi adalah strategi belajar mengajar yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan seluruh aspek pembelajaran (sikap, pengetahuan, dan keterampilan), serta mengembangkan seluruh kecerdasannya (emosional, spiritual, dan sosial).

Strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi mahasiswa agar memiliki kreativitas berpikir, mengasah kemampuan pemecahan masalah dan mendorong interaksi antar mahasiswa salah satunya adalah metode case based learning (CBL) dan metode project based learning (PjBL).

Case based learning (CBL) merupakan metode pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kasus. pembelajaran berbasis kasus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menganalisis dan mencari solusi penyelesaian kasus. dalam proses mencari solusi dan penyelesaian kasus ini dapat dilaksanakan secara berkelompok sehingga dapat memotivasi mahasiswa untuk berpikir kritis dalam dan bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan.

Tujuan diberikan kasus pada proses pembelajaran adalah agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori ke dalam konteks nyata, berfikir kritis tentang situasi kompleks dan memiliki Tindakan untuk dapat menyelesaikan kasus.

Dalam pembelajaran CBL dan PjBL mahasiswa akan melakukan eksplorasi, diskusi, Kerjasama, pengolahan informasi dan aktivitas lainnya untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar yang sangat dekat dengan pekerjaan nyata di lapangan.

Tugas kreatif dari implementasi mata kuliah Bahasa Indonesia, para mahasiswa program studi D3 Akuntansi, D3 Desain Produk, D3 Kebidanan Politeknik Muhammadiyah Tegal membuat sebuah karya tulis fiksi berupa cerpen

Dua belas karya sastra berupa cerpen segera di terbikan oleh Politeknik Muhammadiyah Tegal . “Bermimpilah terus untuk menjadi penulis yang hebat ‘

Mengkader generasi di kalangan Mahasiswa Muhammadiyah di bidang Gerakan Menulis cerpen dengan tema tema islami dan Kemuhammadiyahan. Dosen sebagai fasilitator, mendamping dan membimbing mahasiswa untuk terus berkarya.

Hendra Apriyadi , M.Pd, Dosen Bahasa Indonesia PMT

Exit mobile version