IMM Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Gagas Konsep Eco-Musykom

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PK (Pimpinan Komisariat) IMM Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar acara Musykom (Musyawarah Komisariat) pada tanggal 11-12 Desember 2021 kemarin yang bertempat di SD Muhammadiyah Karangbendo, Banguntapan, Bantul.

Berbeda dengan periode-periode yang sebelumnya, pada musykom kali ini PK IMM Ushuluddin mengangkat konsep Musykom yang ramah lingkungan.

“Pada Musykom kali ini kita mengangkat konsep Eco-Musykom, yaitu musyawarah komisariat yang ramah lingkungan. Konsep ini masih jarang dipakai oleh IMM maupun organisasi lain. Harapannya, PK IMM Ushuluddin dapat menjadi pioneer yang kemudian dapat diikuti organisasi lain dalam upaya menerapkan komitmen kita terhadap lingkungan ketika bermusyawarah”, papar Nizam Zulfa selaku Ketua Umum PK IMM Ushuluddin pada sambutan acara pembukaan, Sabtu 11 Desember 2021.

Menurut Amalia Cahya sebagai ketua pelaksana, tema musykom yang diusung pada kali ini yaitu “Membentuk IMM berintegritas, menuju IMM berkualitas”. IMM berintegritas sendiri yaitu suatu konsistensi dan komitmen IMM dalam menjunjung nilai-nilai yang dibawanya. Konsep eco-Musykom ini merupakan implementasi dari hal tersebut.

Ketua Umum PC IMM Sleman, Mayda Dwi Hadiyanti dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi konsep eco-Musykom yang berani diterapkan oleh PK IMM Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut.

Adapun rincian konsep eco-musykom yang dibawa ialah diantaranya dengan tidak ada penggunaan plastic maupun kertas pada kegiatan musykom ini, penggunaan kertas semua dialihkan pada penggunaan media digital, sedangkan untuk konsumsi, yang biasanya memakan banyak plastic, dialihkan pada penggunaan besek, piring, dan gelas. Sebagai upaya ajakan untuk mencintai lingkungan kepada masyarakat, PK IMM Ushuluddin memberikan buah tangan berupa bibit kepada tamu-tamu undangan yang datang.

Selain itu, musykom tersebut juga menggandeng (MLH) Majelis Lingkungan Hidup PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Kota Yogyakarta dengan menghadirkan Harris Syarif Usman, S.H., M.Kn. (Sekretaris MLH PDM Kota Yogyakarta) sebagai pemateri pada sharing session pembukaan musykom PK IMM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harris menyampaikan bahwa kini sudah saatnya kita sebagai generasi muda peduli terhadap lingkungan. Hal itu pula yang telah lama menjadi komitmen Muhammadiyah, dan IMM sebagai bagian darinya sudah seyogyanya ikut mendukung komitmen tersebut. (Salma Asyrofah)

Exit mobile version