Alhamdulillah, Prodi Ekonomi UMY Raih Akreditasi Unggul

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) resmi peroleh akreditasi ‘Unggul’ dari akreditasi sebelumnya mendapatkan akreditasi ‘A’. Peningkatan akreditasi tersebut tertera berdasarkan Keputusan BAN-PT nomor 13198/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/XII/2021. Program Studi Ekonomi UMY resmi ter-akreditasi ‘Unggul’ sejak tanggal 15 Desember 2021 hingga 15 Desember 2026 mendatang. Prodi ini merupakan prodi ke-13 dari 41 program studi di UMY yang mendapatkan akreditasi ‘Unggul’.

Dr. Endah Saptutyningsih, S.E., M.Si., Ketua Prodi Ekonomi UMY saat ditemui pada hari Jum’at (17/12) menyatakan bahwa peningkatan akreditasi menjadi unggul karena tren meningkat selama tiga tahun pada jumlah mahasiswa serta jumlah mahasiswa asing yang terus meningkat.”Banyaknya Kerjasama di bidang Pendidikan, penelitian dan PKM juga mendorong poin akreditasi Unggul pada Prodi Ekonomi. Selain itu, pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Prodi Ekonomi dinilai telah memenuhi kriteria SN DIKTI. Pengelolaan keuangan yang baik di level Universitas, Fakultas, maupun Prodi juga mendukung pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Ekonomi,” jelasnya.

Endah menambahkan bahwa banyaknya prestasi mahasiswa di tingkat nasional hingga internasional serta kesesuaian bidang kerja alumni Prodi Ekonomi juga mempengaruhi pada penilaian akreditasi menjadi unggul. ”Peningkatan skor ini juga disebabkan banyaknya prestasi mahasiswa di tingkat nasional hingga internasional serta kesesuaian bidang kerja alumni Prodi Ekonomi juga mempengaruhi pada penilaian akreditasi menjadi unggul, ”tambahnya.

Untuk mempertahankan akreditasi unggul ini, Prodi Ekonomi UMY berupaya untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, kemampuan Bahasa Inggris untuk alumni, Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, hingga publikasi internasional dan sitasi publikasi internasional. ”Upaya lainnya yang akan dilakukan oleh prodi antara lain kerjasama dengan mitra UMY melalui pertukaran pelajar maupun summer school, hingga kerjasama publikasi internasional,” tandasnya.

Target selanjutnya, Prodi Ekonomi UMY akan mengajukan akreditasi internasional yaitu akreditasi FIBAA (Foundation For International Business Administration Accreditation). ”Selanjutnya kami akan mengajukan akreditasi FIBAA melalui upaya perbaikan indikator-indikator penilaian akreditasi Unggul yang diharapkan dapat mempermudah dalam persiapan mengajukan akreditasi internasional tersebut,”tutupnya.(Sofia)

Exit mobile version